Makanan-makanan untuk Radang Amandel

 Makanan-makanan untuk Radang Amandel

BIBLIOTIKA - Radang amandel atau tonsilitis adalah infeksi tenggorokan yang terjadi pada tonsil atau amandel. Amandel adalah dua buah kelenjar getah bening yang terletak di sisi belakang tenggorokan, yang berfungsi mencegah infeksi pada organ pernapasan.

Radang amandel sering disertai dengan gejala sakit tenggorokan, bengkak pada amandel, nyeri tenggorokan, gatal, sakit telinga, demam, dan menggigil. Penderita radang amandel biasanya jadi sulit makan dan minum. Jika Anda kebetulan mengalami masalah tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan berikut ini untuk mengatasinya secara alami.

Bubur

Dibanding nasi biasa, bubur lebih mudah ditelan. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menambahkan rempah-rempah seperti cengkeh untuk menyembuhkan radang amandel.

Kentang tumbuk

Tak jauh beda dengan bubur yang mudah ditelan, kentang tumbuk juga bisa dimakan dengan cukup mudah. Selain membantu meredakan radang amandel, kentang tumbuk juga memberi rasa kenyang lebih lama.

Bayam

Selain dapat mengatasi radang amandel, bayam juga bisa membantu menyembuhkan tenggorokan yang gatal atau sakit. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menambahkan sedikit bubuk lada hitam.

Jahe

Selain dapat mengatasi radang amandel, jahe juga efektif dalam mengatasi infeksi tenggorokan lainnya, serta batuk kering. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa membuat minuman jahe hangat dengan menambahkan beberapa tetes madu.

Madu

Madu telah dikenal sebagai makanan kesehatan, karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Untuk menyembuhkan radang amandel, Anda bisa membuat minuman madu hangat dengan menambahkan bubuk lada hitam.

Lemon dan madu

Madu juga bisa dipadukan dengan lemon untuk menyembuhkan radang amandel. Caranya, siapkan segelas air hangat (suam-suam kuku), lalu tambahkan beberapa tetes madu dan perasan jeruk nipis. Aduk hingga rata, kemudian diminum.