Makanan-makanan untuk Meringankan Sakit Maag

 Makanan-makanan untuk Meringankan Sakit Maag

BIBLIOTIKA - Ulkus adalah luka yang terdapat pada daerah usus kecil, kerongkongan, dan perut. Gejala utama luka tersebut adalah munculnya sensasi terbakar di daerah perut. Ulkus akan menimbulkan rasa sakit yang hebat, bahkan dapat menyebabkan muntah, gangguan pencernaan, gerakan usus yang tak teratur, mulas, dan mual. Masalah kesehatan itulah yang lazim disebut maag.

Ulkus disebabkan oleh bakteri H. pylori yang merusak lapisan mukosa saluran pencernaan dengan membuatnya kurus dan lemah, menyebabkan asam muncul dalam kerusakan lapisan saluran pencernaan perut. Umumnya, orang mencoba menyembuhkan ulkus dengan menggunakan antibiotik. Namun, obat paling efektif untuk mengatasi masalah lambung adalah mengonsumsi jenis makanan yang tepat. Berikut ini di antaranya.

Madu

Sifat antibakteri dan antivirus yang dimiliki madu dapat melawan dan menghancurkan bakteri H. pylori, serta mengatasi rasa sakit maag. Selain itu, madu juga mampu meringankan lapisan yang teriritasi di lambung, kerongkongan, dan usus, serta melapisi luka akibat maag dan mengurangi rasa perih karena maag.

Yoghurt

Rasa sakit yang muncul dari masalah ulkus di lambung disebabkan oleh bakteri berbahaya yang terdapat di sekitar usus. Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat membunuh kuman atau bakteri tersebut, sehingga dapat mengatasi rasa sakit yang muncul, serta menghancurkan bakteri yang ada di sana.

Sereal

Kandungan karbohidrat kompleks yang terdapat dalam sereal mampu meringankan rasa sakit akibat maag. Selain itu, sereal juga mengandung serat yang mampu membantu menghadapi masalah pencernaan, dan meningkatkan pencernaan makanan.

Kubis

Kubis mengandung banyak asam amino, L-glutamin, dan gefarnate, yang merupakan zat ampuh dalam menghilangkan sakit maag. Zat-zat tersebut membantu menghancurkan ulkus dengan melindungi lapisan pencernaan, dan memastikan luka baru tidak muncul. Selain itu, kandungan zat dalam kubis juga meningkatkan produksi lendir yang melapisi dan melindungi luka yang ada, sehingga membuatnya menjadi tidak terlalu menyakitkan atau semakin parah.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus, sehingga dapat melawan dan menghancurkan bakteri yang menyebabkan tukak lambung.

Kentang

Jika dikonsumsi dalam keadaan direbus atau dipanggang, kentang bisa membantu meringankan sakit maag. Namun, pastikan Anda mengonsumsi kentang yang tidak digoreng atau yang telah diolah menjadi makanan yang digoreng, karena hal itu justru akan dapat memperparah kondisi maag.