Makanan-makanan untuk Menyehatkan Rambut

  Makanan-makanan untuk Menyehatkan Rambut

BIBLIOTIKA - Rambut adalah mahkota, dan banyak orang—khususnya wanita—yang sangat mendambakan rambut sehat, indah, serta bercahaya. Untuk mewujudkan keinginan itu, aneka perawatan pun dilakukan, dari penggunaan shampo, kondisioner, dan lainnya. Namun, tidak kalah penting dari perawatan-perawatan tersebut, istirahat yang cukup dan menjauhi stres juga penting dilakukan untuk memiliki rambut sehat. Begitu pula dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu menyehatkan rambut dari dalam. Jika Anda mendambakan rambut yang sehat dan indah, Anda bisa rutin mengonsumsinya.

Salmon

Ikan salmon mengandung omega-3, protein berkualitas tinggi, vitamin B12, dan zat besi. Semua kandungan yang terdapat dalam ikan salmon tersebut sangat penting untuk kesehatan kulit kepala, yang pada akhirnya membantu menyehatkan rambut.

Sayuran

Sayuran, khususnya yang berwarna hijau tua seperti bayam atau brokoli, adalah sumber makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang memiliki peran penting dalam produksi sebum di kepala. Sebum adalah cairan minyak yang merupakan pelembap alami rambut. Selain itu, bayam dan brokoli juga mengandung zat besi serta kalsium yang baik untuk tubuh.

Telur

Sebagai sumber protein yang terbaik, telur tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, namun juga menyehatkan rambut. Selain itu, telur juga mengandung vitain B12 yang penting untuk nutrisi tubuh. Anda bisa mengonsumsi telur dengan berbagai cara, dari digoreng, direbus, dibuat omelet, atau lainnya. 

Kacang-kacangan

Dalam hal menyehatkan dan mempercantik rambut, kacang-kacangan termasuk makanan penting. Kacang Brazil, misalnya, merupakan sumber selenium yang baik untuk kesehatan kulit kepala. Sementara kacang walnut mengandung asam alfa-linolenat, sejenis asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut.

Daging ayam

Tanpa asupan protein yang cukup, rambut akan rapuh dan kusam. Daging ayam adalah makanan yang menjadi sumber protein yang tidak hanya dibutuhkan tubuh, namun juga diperlukan rambut.

Gandum

Makanan atau camilan yang terbuat dari gandum—termasuk roti atau biskuit gandum—sangat baik untuk menyuplai energi saat tubuh Anda kelelahan. Selain itu, kandungan nutrisi dalam gandum juga baik untuk menyehatkan rambut.

Kacang merah

Kacang merah mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, kacang merah juga mengandung zinc, zat besi, dan biotin, yang kesemuanya merupakan nutrisi penting dalam mencegah rambut rapuh.

Susu rendah lemak

Susu rendah lemak dan produk turunannya, seperti yoghurt, mengandung kalsium yang merupakan mineral penting untuk pertumbuhan rambut.

Wortel

Vitamin A yang terkandung dalam wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, namun juga bermanfaat dalam menyehatkan kulit kepala serta menjaga kesehatan rambut.

Tiram

Tiram baik untuk rambut, karena kandungan antioksidan di dalamnya. Karenanya, mengonsumsi tiram juga dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala. Jika Anda tidak mengonsumsi tiram, Anda bisa mendapatkan asupan yang sama dari produk gandum atau kacang-kacangan.

Untuk melengkapi uraian ini, berikut adalah nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk memiliki rambut sehat, kuat, dan indah.

Zat besi dan seng: Berfungsi menyuburkan rambut, nutrisi ini bisa diperoleh dari daging merah, yang sebaiknya dikonsumsi dua kali dalam seminggu. Untuk vegetarian, sumber zat besi dan seng bisa didapatkan dari kedelai atau polong-polongan.

Vitamin D: Membantu merangsang pertumbuhan rambut. Selain bisa diperoleh dari sinar matahari, vitamin D juga dapat ditemukan dalam produk susu.

Asam lemak omega-3: Mengonsumsi ikan salmon dua kali dalam seminggu bisa menjaga kelembapan rambut secara alami. Salmon, juga beberapa ikan lain, mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan rambut.

Protein: Membantu menyehatkan dan menguatkan akar rambut. Protein bisa diperoleh dari daging atau telur ayam.

Biotin: Merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang dibutuhkan rambut. Nutrisi ini terdapat dalam telur, atau bisa pula diperoleh dari suplemen.