Makanan-makanan untuk Mengatasi Kantuk di Pagi Hari

Makanan-makanan untuk Mengatasi Kantuk di Pagi Hari

BIBLIOTIKA - Kantuk yang masih terasa di pagi hingga siang hari bisa disebabkan beberapa hal. Misalnya, tidur terlalu larut bisa menyebabkan kantuk di pagi sampai siang hari, karena tubuh merasa belum cukup beristirahat. Selain itu, kekurangan asupan nutrisi tertentu juga bisa menyebabkan Anda sering mengalami kantuk pada pagi atau siang hari, meski semalam sudah tidur dan beristirahat dalam jumlah cukup.

Yang jadi masalah, kantuk yang kerap menyerang pada pagi sampai siang hari itu bisa mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. Pekerjaan jadi kurang maksimal, tubuh terasa kurang bergairah, dan lain-lain. Bagaimana solusinya?

Solusi yang paling penting untuk dilakukan dalam mengatasi sering mengantuk pada pagi atau siang hari adalah dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung potasium atau kalium. Manfaat utama mineral potasium adalah memperlancar oksigen ke otak, merangsang aktivitas saraf, meningkatkan fungsi kognitif, mempertahankan kinerja otot, menjaga tekanan darah normal, meregenerasi jaringan, membantu pertumbuhan sel, mengatasi kelelahan dan stres, serta membantu menstabilkan gula darah.

Karena itu, jika Anda sering mengalami kantuk di pagi hari atau di jam-jam produktif, yang perlu diperhatikan adalah memperbaiki pola istirahat dengan tidur malam yang cukup, dan menambah asupan makanan yang kaya potasium atau kalium. Berikut ini beberapa makanan yang bisa dipilih:
  1. Pisang
  2. Jamur
  3. Alpukat
  4. Ikan laut
  5. Yoghurt
  6. Wortel
  7. Air kelapa
  8. Ubi jalar
  9. Bayam

Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara rutin dan bergantian, untuk mengatasi keluhan mudah ngantuk yang sering Anda alami. Selain membantu menghilangkan kantuk, kandungan potasium dalam makanan-makanan tersebut juga membantu tubuh Anda tetap berenergi lebih lama.

Selain itu, agar hasilnya lebih optimal, Anda bisa mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi pada pagi hari, semisal nasi putih, makanan kaya gula, juga makanan berkarbohidrat olahan seperti mie instant atau makanan berbahan dasar tepung lainnya.