Makanan-makanan untuk Mengatasi Efek Keguguran

 Makanan-makanan untuk Mengatasi Efek Keguguran

BIBLIOTIKA - Kehamilan kadang tidak berjalan selancar yang diharapkan. Meski telah berusaha sebaik mungkin menjalani kehamilan, ada kalanya masalah atau musibah datang, yang salah satunya keguguran. Bagi wanita, keguguran bisa menjadi pengalaman yang traumatis akibat rasa kehilangan serta efek yang ditimbulkannya, baik fisik maupun psikis.

Mengonsumsi makanan yang tepat akan bisa membantu mempercepat proses pemulihan kesehatan pasca keguguran. Karenanya, jika Anda kebetulan mengalami keguguran, beberapa makanan berikut ini dapat membantu memulihkan fisik dan emosi pasca keguguran.

Makanan mengandung zat besi

Keguguran menyebabkan Anda kehilangan banyak darah, sehingga mengakibatkan tubuh cepat lemas dan lesu. Untuk mengembalikan kadar zat besi pada tubuh, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah dan hati. Masaklah daging merah dengan baik, dan pastikan hingga benar-benar matang.

Jika Anda kebetulan menjalani hidup sebagai vegetarian, Anda bisa mengonsumsi daun bayam, jagung, kangkung, juga buah bit hijau, yang sama-sama mengandung zat besi. Agar zat besi dapat diserap tubuh dengan lebih baik, Anda juga bisa menambahkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi pepaya, stroberi, atau buah lain yang mengandung vitamin C.

Makanan berkalsium tinggi

Selama kehamilan berlangsung, terjadi penyerapan kalsium dari tubuh Anda oleh janin. Ketika keguguran terjadi, kalsium yang telah terserap akan ikut terbuang dari tubuh Anda. Karenanya, menjadi penting untuk memulihkan kembali keseimbangan kalsium dalam tubuh, dan hal itu bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan berkalsium tinggi seperti susu, produk olahan susu, ikan sarden, salmon, kedelai, dan sayuran hijau.

Anda bisa mengonsumsi dua sampai empat gelas susu setelah keguguran. Susu dan produk olahan susu akan menambah kadar kalsium, fosfor, dan protein, di dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sayuran berdaun hijau sesuai menu makan Anda, untuk membantu menambah kadar kalsium yang dibutuhkan tubuh.

Makanan penambah energi

Menjalani kehamilan dan keguguran membuat Anda kehilangan banyak energi. Karenanya, Anda memerlukan makanan yang tepat untuk mengembalikan energi yang hilang. Salah satu makanan penambah energi adalah telur, karena mengandung lemak yang baik dan protein yang tinggi.

Selain telur, kwaci dari biji labu juga bisa membantu memenuhi magnesium yang dibutuhkan tubuh. Jika Anda tidak menyukai kwaci, Anda bisa memilih cokelat hitam untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Cokelat hitam dapat meningkatkan kadar serotonin untuk mengendalikan kelelahan.

Makanan yang memperbaiki mood

Setelah mengalami keguguran, kemungkinan besar Anda merasa letih, stres, atau bahkan depresi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi cemas dan memperbaiki mood.

Dalam hal ini, makanan yang mengandung mineral dan magnesium adalah pilihan terbaik, karena dapat membantu memulihkan mental serta mengembalikan mood Anda. Di antara makanan yang kaya magnesium adalah kacang-kacangan dan cokelat.