Makanan-makanan untuk Mengatasi Darah Rendah

Makanan-makanan untuk Mengatasi Darah Rendah

BIBLIOTIKA - Ada orang yang mengalami tekanan darah tinggi, ada pula orang yang mengalami darah rendah. Darah rendah bisa disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi, sering begadang, dan lain-lain, yang gejalanya biasanya berupa sering merasa pusing, letih, lesu, hingga merasa depresi.

Jumlah darah yang normal sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Penurunan jumlah darah dapat menyebabkan penyakit seperti anemia. Cara terbaik untuk meningkatkan jumlah darah adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, yang dapat meningkatkan sel-sel darah dalam tubuh. Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa membantu mengatasi darah rendah.

Saus kedelai

Dalam takaran satu sendok makan, saus kedelai mengandung 1.200 mg sodium. Kandungan sodium dalam saus kedelai dapat membantu menaikkan tekanan darah secara alami. Saus kedelai bisa ditemukan pada banyak makanan Asia. Namun, jika Anda kesulitan mendapatkan saus kedelai, Anda bisa menggantinya dengan garam.

Kacang-kacangan

Ketika dikonsumsi, kacang-kacangan dicerna secara perlahan dalam sistem pencernaan kita. Hal itu akan membuat tekanan darah Anda naik. Di antara kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi darah rendah adalah buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau.

Daging ayam

Tubuh Anda membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah akan mempengaruhi aliran dan tekanan darah ke seluruh tubuh. Daging ayam mengandung protein hewani yang dapat meningkatkan tekanan darah. Karenanya, mengonsumsi daging ayam bisa meningkatkan tekanan darah Anda.

Buah bit

Buah bit kaya zat besi dan protein yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sel-sel darah dan meningkatkan aliran darah. Buah bit bahkan bisa berperan sebagai pembersih racun di dalam darah. Selain buahnya, daun bit juga mengandung vitamin A, sementara akar bit merupakan sumber vitamin C yang baik.

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau semisal bayam, seledri, brokoli, kubis, lobak, kembang kol, kangkung, selada, dan kentang manis, sangat baik untuk tubuh, karena bisa mengontrol berat badan serta meningkatkan jumlah darah. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga menjaga sistem pencernaan selalu aktif.

Zat besi

Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya untuk menguatkan tulang, zat besi juga memasok oksigen ke dalam sistem tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Untuk mengatasi darah rendah, Anda bisa mengonsumsi zat besi dari daging merah, asparagus, kurma, almond, tiram, kentang, dan kismis.

Almond

Kacang almond mengandung zat besi, dan dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Dalam satu ons kacang almond terdapat 6 persen dari kebutuhan tubuh kita terhadap zat besi per hari.

Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan adalah makanan sehat yang penting bagi tubuh, khususnya bagi orang yang menderita darah rendah. Buah-buahan tidak hanya bergizi, namun juga mampu meningkatkan jumlah darah dalam tubuh. Untuk mengatasi masalah darah rendah, Anda bisa menikmati semangka, apel, anggur, kismis, plum, atau aprikot.