Makanan-makanan untuk Mengatasi Asam Urat

 Makanan-makanan untuk Mengatasi Asam Urat

BIBLIOTIKA - Asam urat adalah senyawa heterosiklik yang terdiri dari karbon, nitrogen, oksigen, dan hidrogen. Secara sederhana, asam urat adalah limbah makanan yang dikeluarkan saat tubuh memecah zat yang disebut purin. Purin terdapat dalam beberapa makanan seperti hati, kacang-kacangan, bir, dan lain-lain. Limbah tersebut kemudian larut dalam darah, mengalir ke ginjal, lalu dibuang keluar dari tubuh dalam bentuk urine.

Sebenarnya, asam urat tidak berbahaya. Namun, jika terakumulasi dalam tubuh dapat menyebabkan hyperuricemia, yaitu kondisi ketika asam urat tidak disekresikan keluar dari tubuh. Bila asam urat menumpuk dalam tubuh, hasilnya akan terakumulasi dalam sendi, terutama pada kaki dan jari kaki, yang berbentuk kristal dan secara bertahap mengarah ke asam urat.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi asam urat dalam tubuh adalah mengonsumsi makanan-makanan sehat yang rendah purin. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan yang dapat mengatasi asam urat, dan berikut ini beberapa di antaranya.

Makanan kaya vitamin C

Makanan-makanan yang mengandung vitamin C, semisal jeruk atau lainnya, bisa membantu mengurangi asam urat dalam tubuh, dan melarutkannya dalam darah dengan mudah.

Produk susu rendah lemak

Susu stau yoghurt yang rendah lemak bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Ceri

Buah ceri mengandung anti-inflamasi yang disebut anthocyanin, yang baik dalam mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Jeruk nipis

Untuk mengurangi racun-racun dari dalam tubuh, Anda bisa menyeduh perasan jeruk nipis dengan air hangat. Minuman itu dapat melarutkan kristal atau racun serta membersihkan tubuh.

Cuka sari apel

Siapkan 3 sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air, dan minum 2-3 kali setiap hari. Cara sederhana itu bisa membantu mengatasi asam urat.

Kacang pinto

Asam folat dalam kacang pinto mampu membantu menurunkan asam urat secara alami. Selain kacang pinto, biji bunga matahari juga mengandung asam folat.

Buah-buahan beri

Buah-buahan beri yang segar, terutama stroberi dan bluberi, bisa membantu mengurangi asam urat dan meningkatkan pengobatan asam urat.

Air

Yang paling mudah dan sederhana di antara lainnya adalah rutin mengonsumsi air dalam jumlah cukup. Air bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh, termasuk asam urat.