Makanan-makanan untuk Mencegah Munculnya Uban

 Makanan untuk Mencegah Munculnya Uban

BIBLIOTIKA - Munculnya uban sebenarnya hal yang wajar dan alami, seiring usia yang makin menua. Rambut yang semula hitam pelan-pelan berubah menjadi putih. Namun, kadang orang sudah beruban padahal usianya masih relatif muda. Hal itu bisa terjadi karena masalah kesehatan, perubahan gaya hidup, pola makan tidak sehat, faktor keturunan, atau karena penyebab lain.

Di antara beberapa penyebab yang bisa terjadi atas munculnya uban pada orang yang masih muda adalah kurangnya konsumsi nutrisi yang dibutuhkan untuk memelihara serta mempertahankan warna rambut agar tetap hitam. Karenanya, jika Anda tidak ingin memiliki uban saat masih muda, beberapa makanan berikut ini perlu dikonsumsi.

Salmon

Kandungan selenium alami di dalam ikan salmon dapat membantu mengatur produksi hormon untuk mempertahankan warna hitam rambut. Mengonsumsi salmon secara rutin bisa mencegah timbulnya uban.

Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah sumber vitamin B6 dan B12 yang dibutuhkan rambut. Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk mencegah munculnya uban, karena merupakan sumber vitamin B tinggi.

Daun salam

Daun salam mengandung vitamin B, vitamin B6, dan B12, yang sangat baik dalam menjaga kesehatan rambut, sehingga mencegah uban yang datang secara dini.

Almond

Selain baik untuk menjaga kesehatan kulit, kacang almond juga baik untuk kesehatan rambut. Almond mengandung vitamin E dan zat tembaga yang membantu memperlambat munculnya uban pada rambut, serta menjaga agar rambut tetap indah.

Biji bunga matahari

Orang yang mengalami kekurangan mineral dan tembaga pada rambutnya akan mudah memiliki uban. Biji bunga matahari mengandung mineral yang tinggi, yang membantu menjaga sel melanin di rambut.

Buah beri

Buah-buah beri, seperti stroberi, cranberry, raspberry, dan lainnya, mengandung vitamin C tinggi, yang membantu mencegah uban prematur. Selain itu, vitamin C dalam buah-buah beri juga dapat mencegah penuaan dini.

Cokelat

Cokelat mengandung zat tembaga yang membantu menghasilkan melanin di rambut. Sel melanin berfungsi dalam memproduksi warna pada rambut, yang bisa mencegah munculnya uban lebih awal.

Garam

Garam mengandung yodium yang membantu mencegah timbulnya uban pada rambut. Selain garam, yodium yang terdapat pada ikan, pisang, atau wortel, juga memiliki fungsi yang sama.