Makanan-makanan untuk Mencegah Kanker Serviks

Makanan-makanan untuk Mencegah Kanker Serviks

BIBLIOTIKA - Salah satu penyakit yang mengancam banyak wanita adalah kanker serviks atau kanker rahim. Penyakit ini bisa menyerang wanita mana pun yang telah memasuki usia produktif, yaitu 35-50 tahun. Sementara wanita yang telah melakukan hubungan seksual di bawah usia 20 tahun berisiko terserang kanker rahim dua kali lipat.

Hingga saat ini, bisa dibilang jarang ditemukan penderita kanker serviks pada awal gejala, karena kebanyakan atau sekitar 70 persen kasus penderita kanker serviks ditemukan ketika telah sampai di stadium lanjut. Karenanya, melakukan pencegahan dini merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu mencegah kanker serviks.

Kubis

Kubis (Brassica oleracea) mungkin sangat terkenal, karena kenyataannya kubis adalah sayuran tertua yang berasal dari Asia-Mediterania, yang memiliki 400 varietas. Kubis mengandung fitonutrien dan vitamin A, vitamin C, serta vitamin K. Kubis juga mengandung lupeol, sinigrin, dan sulforaphae, yang menghambat perkembangan sel kanker, termasuk kanker serviks.

Sekadar catatan, kubis memiliki gizi lebih tinggi jika dimakan mentah. Karenanya, Anda bisa menjadikannya sebagai lalapan.

Brokoli dan bunga kol

Brokoli dan bunga kol memiliki kandungan vitamin B dan folat yang mampu mencegah kanker serviks. Selain itu, keduanya juga mengandung glucoraphanin dan indole-3-carbinal, yaitu antioksidan yang merupakan senyawa antikanker. Tidak hanya untuk menangkal kanker serviks, namun juga kanker prostat, serta kanker payudara.

Alpukat

Mengonsumsi alpukat sangat disarankan untuk pencegahan kanker serviks, karena mengandung 25 nutrisi penting. Selain itu, alpukat mampu melawan radikal bebas karena mengandung glutation, sementara kandungan asam oleat yang dimilikinya dapat melindungi tubuh dari kanker.

Buah beri

Buah beri, khususnya raspberry, blueberry, dan blackberry, memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah serta menghambat perkembangan sel kanker serviks.

Wortel

Selain membantu melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas, wortel juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus, termasuk virus penyebab kanker serviks.

Teh hijau

Di negara-negara Asia semacam Cina, Jepang, Taiwan, Hong Kong, dan wilayah Asia lainnya, teh hijau telah terkenal sebagai minuman sehat yang membantu melawan kanker. Teh hijau mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat membuat pasif sel kanker, dan membangun kekebalan tubuh.

Cokelat

Cokelat berasal dari tumbuhan kakao (Theobroma cacao) yang mengandung vitamin A, B, C, D, dan E. Selain itu, cokelat juga mengandung antioksidan dan flavonoid yang dapat menghindarkan tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Tomat

Penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health menemukan bahwa kandungan likopen dalam tomat mampu membantu mengurangi risiko kanker, termasuk di antaranya kanker serviks. Tomat bisa dikonsumsi dalam berbagai olahan.

Minyak zaitun

Dibanding minyak jenis lain, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang mampu menjaga kesehatan. Penelitian juga menemukan bahwa minyak zaitun dapat mencegah serta mengatasi kanker serviks, juga menghentikan pertumbuhan sel kanker.