Makanan-makanan untuk Memperlancar Menstruasi

 Makanan-makanan untuk Memperlancar Menstruasi

BIBLIOTIKA - Menstruasi atau haid adalah luruhnya sel telur karena tidak dibuahi. Menstruasi dialami semua wanita, khususnya pada usia produktif, yang tidak sedang hamil. Namun, meski sama-sama menghadapi menstruasi, tidak semua wanita mengalami siklus yang lancar.

Sebagian wanita mengalami masalah menstruasi yang tidak teratur, dan hal itu biasanya terjadi ketika akan memasuki tahap awal menstruasi dan saat akan memasuki masa menopause. Periode normal lazimnya berlangsung selama 3-5 hari, sedangkan siklus menstruasi dapat bervariasi dari 28-30 hari.

Jika Anda kebetulan termasuk wanita yang menghadapi siklus menstruasi tidak lancar, berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk melancarkannya.

Brokoli

Kandungan gizi dalam brokoli dapat membantu memperlancar siklus menstruasi. Untuk tujuan tersebut, Anda bisa mengonsumsi brokoli dalam berbagai sajian.

Sayuran hijau

Selain brokoli, sayuran hijau semacam bayam, asparagus, dan lainnya, juga dapat membantu memperlancar menstruasi. Sama seperti brokoli, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau dalam berbagai sajian dan olahan.

Salmon

Salmon terkenal sebagai makanan dengan gizi tinggi. Kalsium dan vitamin D yang terkandung dalam ikan salmon tidak hanya membantu menguatkan tulang, namun juga dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon, yang dapat membantu melancarkan menstruasi.

Biji wijen

Biji kecil yang biasa digunakan untuk menghias kue onde-onde itu juga baik dikonsumsi untuk memperlancar siklus menstruasi. Meski begitu, sebaiknya jangan mengonsumsi biji wijen dalam jumlah berlebihan, karena dapat meningkatkan panas tubuh.

Yoghurt

Yoghurt adalah produk susu yang kaya kalsium dan protein. Rasanya yang asam manis tidak hanya menyegarkan, namun juga dapat membantu memperlancar siklus menstruasi.

Almond

Almond adalah kacang sehat dan bergizi. Selain membantu memperlancar siklus menstruasi, kandungan serat dan protein dalam almond juga dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Susu kedelai

Jika Anda tidak suka susu yang dihasilkan hewan (sapi), Anda bisa mengonsumsi susu kedelai. Selain bergizi, susu kedelai juga bisa membantu memperlancar menstruasi.

Telur

Protein, kalsium, dan vitamin, yang dikandung dalam telur bisa membantu memperlancar siklus menstruasi. Anda bisa menikmati telur dalam berbagai sajian.