Makanan-makanan untuk Melawan Selulit

 Makanan-makanan untuk Melawan Selulit

BIBLIOTIKA - Di antara beberapa masalah kulit, selulit adalah hal yang ingin dihindari wanita, karena merusak penampilan dan mengurangi kecantikan kulit. Dalam upaya mengatasi selulit, para wanita biasanya memanfaatkan produk-produk kecantikan atau perawatan tertentu. Untuk menunjang upaya tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang dapat membantu melawan selulit. Berikut ini di antaranya.

Protein tanpa lemak

Makanan-makanan berprotein tanpa lemak adalah konsumsi wajib bagi Anda yang ingin menghilangkan selulit. Protein tanpa lemak bisa didapatkan dari daging merah, telur, atau daging ayam tanpa kulit.

Protein nabati

Bagi pelaku vegetarian, atau yang tidak mengonsumsi daging-dagingan, Anda bisa memilih protein nabati atau yang berasal dari tanaman. Protein nabati bisa diperoleh melalui biji-bijian, polong-polongan, dan kacang-kacangan.

Lemak tak jenuh

Ada lemak jenuh dan ada lemak tak jenuh. Dalam hal melawan selulit, yang Anda butuhkan adalah lemak tak jenuh. Contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah alpukat, minyak zaitun, dan minyak sayur.

Omega-3 dan omega-6

Asam lemak omega-3 dan omega-6 banyak terdapat dalam ikan yang menghasilkan minyak ikan. Selain ampuh menghilangkan selulit, kedua nutrisi itu juga mampu melancarkan peredaran darah.

Serat

Serat sangat dibutuhkan tubuh—bukan hanya untuk melawan selulit, namun juga melancarkan pencernaan, dan menangkal pembentukan lemak. Asupan serat bisa diperoleh dengan mengonsumsi banyak sayur, buah, dan gandum utuh.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan alami sekaligus sehat, karena mengandung air dan nutrisi. Di antara buah-buahan, dua yang paling ampuh dalam melawan selulit adalah pisang dan pepaya.

Air putih

Air putih tentu bukan makanan. Namun, mengonsumsi air putih sangat diperlukan tubuh untuk menjaga hidrasi, selain bagus untuk membantu melawan selulit. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh sama artinya menjaga kelembapan kulit. Karenanya, jangan malas minum air.