Makanan-makanan untuk Melawan Penuaan

Makanan-makanan untuk Melawan Penuaan

BIBLIOTIKA - Menjadi tua adalah hal alami yang dihadapi semua orang, pria maupun wanita. Seiring usia yang makin bertambah, fisik kita pun makin mengalami penuaan—rambut yang hitam berubah putih atau beruban, kulit yang kencang mulai kendur atau berkeriput, energi yang semula sangat kuat perlahan mengalami penurunan hingga mudah letih.

Namun, proses penuaan bisa diupayakan agar lebih lambat datang. Menjalani pola hidup sehat, mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat, rajin berolahraga, serta beristirahat yang cukup, adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan sekaligus memperlambat proses penuaan. Banyak pula wanita yang melakukan berbagai perawatan tubuh untuk tujuan yang sama, agar awet muda atau tidak segera tampak tua.

Untuk mendukung tujuan itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan sehat yang dapat memperlambat proses penuaan, agar lebih lama tampak muda. Berikut ini beberapa makanan yang bisa diperhatikan.

Alpukat

Kandungan vitamin E yang tinggi di dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Rutin mengonsumsi alpukat dapat mencegah munculnya keriput, khususnya pada wajah. Anda bisa menikmati alpukat sebagai buah atau menjadikannya sebagai minuma jus yang segar.

Cokelat


Cokelat adalah makanan lezat yang disukai hampir semua orang. Jika Anda juga menyukai cokelat, Anda bisa memilih cokelat hitam atau dark chocholate, karena memiliki nutrisi yang lebih kaya dalam meregenerasi sel-sel kulit yang mati dan meremajakannya kembali.

Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang membantu membuat wajah tampak awet muda. Rutin mengonsumsi teh hijau tidak hanya menjadikan tubuh Anda sehat, tapi juga lebih bugar. Dalam melawan penuaan, kopi juga diketahui memiliki fungsi tak jauh beda.

Melon

Segar dan enak, itulah melon. Buah satu ini tidak hanya lezat untuk dinikmati, namun juga dapat memberi manfaat untuk kulit, sehingga tidak mudah keriput. Sering mengonsumsi melon dapat menunda penuaan, dan menjadikan Anda awet muda.

Kedelai

Mengandung protein tinggi dan vitamin E, kedelai adalah makanan yang baik untuk para vegetarian. Namun, meski Anda bukan vegetarian, kedelai juga baik dikonsumsi, khususnya dalam hal melawan penuaan.

Sayuran dan buah

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan alami yang baik untuk tubuh. Rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan tidak hanya menjaga tubuh selalu sehat dan bugar, namun juga bermanfaat dalam mengatasi gejala penuaan.

Kacang

Hampir semua orang menyukai camilan. Kacang adalah camilan yang terbaik. Karenanya, jika Anda suka ngemil, sediakan kacang di dekat Anda, agar bisa dinikmati di sela-sela aktivitas. Selain sehat, kacang juga bisa membantu melawan penuaan.

Buah beri

Semua buah beri, dari stroberi sampai bluberi, mengandung vitamin C tinggi yang membantu melancarkan sirkulasi darah dan memberikan mineral untuk tubuh, serta menguatkan sistem imun. Mengonsumsi buah-buah beri akan membantu tubuh selalu sehat dan bugar, yang pada akhirnya menjadikan Anda lebih awet muda.