Makanan-makanan untuk Kesehatan Kulit

Makanan-makanan untuk Kesehatan Kulit

BIBLIOTIKA - Rata-rata wanita mendambakan memiliki kulit yang sehat, halus, lembap, kenyal, dan lembut, karena kulit semacam itulah yang sehat dan cantik. Untuk tujuan itu, berbagai upaya perawatan pun dilakukan, dari penggunaan bahan kecantikan untuk kulit, sampai perawatan khusus di salon.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang dapat membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit Anda. Jika Anda mendambakan kulit yang sehat, Anda bisa rutin mengonsumsinya.

Biji rami dan minyak biji rami

Biji rami mengandung alpha-linolenic acid (ALA), jenis lemak nabati omega-3 yang menjaga kulit tetap lembap dan kenyal. Kekurangan ALA bisa membuat kulit memerah dan gatal. Selain biji rami, Anda juga bisa memanfaatkan minyak biji rami sebagai toping pada salad diet sehat, jika Anda kehabisan minyak zaitun.

Paprika merah dan wortel

Paprika merah dan wortel adalah sumber vitamin C yang berkhasiat dalam memproduksi kolagen (yang menjadikan kulit kencang), dan melindungi sel kulit dari radikal bebas. Anda bisa menikmati kedua sayuran itu dengan langsung memakannya mentah-mentah, atau mengolahnya dalam berbagai jenis masakan.

Makanan berprotein

Studi menunjukkan, wanita yang kulitnya cepat mengalami keriput umumnya karena kekurangan protein. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan berprotein tinggi, seperti daging sapi tanpa lemak, unggas, kacang kedelai edamame, telur, dan lainnya.

Sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah-buahan adalah makanan yang penting untuk kesehatan kulit. Bayam, misalnya, merupakan sumber vitamin A yang dapat menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. Kentang merupakan sumber vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen adalah protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput, dan mempertahankan kekenyalan kulit.

Sementara buah-buahan, khususnya buah-buah beri, mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas. Radikal bebas muncul akibat terpaparnya kulit oleh sinar ultraviolet matahari, dan antioksidan dibutuhkan untuk menangkalnya.

Produk susu

Keju dan yoghurt rendah lemak memiliki kandungan sama seperti bayam, yaitu vitamin A yang baik untuk kulit. Selain itu, yoghurt juga mengandung bacterium acidopholus yang membantu proses pencernaan serta kesehatan saluran pencernaan, yang dikaitkan dengan kesehatan kulit. Keju memiliki kadar selenium yang merupakan mineral penting dalam menjadikan kulit lebih segar dan lembut.

Kacang

Di antara jenis-jenis kacang, hanya kacang Brazil yang paling sehat untuk kulit, karena mengandung selenium. Selenium dapat membantu menyehatkan kulit, serta dapat memicu sintesis gluthathione. Sama seperti antioksidan yang terdapat dalam sayuran dan buah, gluthatione mampu menghilangkan sel kulit mati. Meski begitu, Anda perlu memastikan diri bahwa Anda tidak alergi terhadap kacang.

Ikan

Mengonsumsi ikan setiap hari adalah cara lain untuk menambah jumlah selenium dalam diet sehari-hari. Ikan segar mengandung selenium dan omega-3 yang peting dalam mencegah kulit keriput dan melembutkan kulit, serta mengurangi peradangan kulit.