Makanan-makanan untuk Awet Muda

Makanan-makanan untuk Awet Muda

BIBLIOTIKA - Bagaimana pun, setiap orang akan terus bertambah umur yang artinya semakin tua. Ketika usia semakin tua, kondisi fisik akan berubah. Rambut akan memutih, kulit akan berkeriput, dan energi serta kekuatan akan jauh berkurang.

Namun, dengan rutin berolahraga serta mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan, orang bisa muda lebih lama. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung banyak manfaat dalam hal memperlambat proses penuaan, sehingga menghasilkan kondisi awet muda.

Buah dan sayur

Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah makanan kaya antioksidan yang membantu menjaga kulit selalu tampak lebih muda. Buah dan sayur juga mengandung zinc, betakaroten, dan vitamin C, yang mencegah molekul tak stabil menyerang sel sehat dalam tubuh.

Sayur yang bisa sering dikonsumsi untuk tujuan itu di antaranya bayam, kale, atau brokoli. Sementara buah yang baik untuk tujuan awet muda adalah buah beri, tomat, dan wortel.

Protein

Ketika memasuki usia 40 tahun, massa otot tubuh kita mulai berkurang sebanyak satu persen setiap tahun. Hasilnya, tubuh menjadi lebih mudah gemuk. Untuk mengatasi hal itu, kita perlu menjaga kinerja metabolisme, dan dalam hal itu protein bisa membantu. Protein berfungsi menjaga metabolisme tubuh tetap berjalan. Jika metabolisme berjalan dengan baik, artinya penuaan akan berjalan lebih lambat.

Makanan-makanan yang banyak mengandung protein di antaranya adalah kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, dan telur.

Gandum

Selain makanan berprotein, makanan-makanan kaya serat seperti roti gandum, oat, atau beras merah, juga dapat membantu tubuh dalam menjaga metabolisme, selain memelihara berat badan. Jika berat badan bisa terpelihara, Anda akan tetap tampak muda meski telah berusia 40-an tahun.

Kopi dan wine

Jika dikonsumsi dalam batas wajar atau tidak berlebihan, kopi dan wine adalah minuman yang bisa membantu kesehatan. Penelitian menyatakan bahwa minum secangkir kopi setiap hari bisa membantu menurunkan risiko kanker kulit. Sedangkan red wine bisa membantu mencegah penuaan dini karena resveratrol yang terkandung di dalamnya.