Makanan-makanan Sehat untuk Wanita Berusia 30-an

 Makanan-makanan Sehat untuk Wanita Berusia 30-an

BIBLIOTIKA - Memasuki usia 30-an, metabolisme tubuh wanita mulai menurun, meski perlahan. Karenanya, memasuki usia 30-an, wanita pun membutuhkan asupan nutrisi yang dapat membantu mendukung metabolisme tubuhnya agar selalu sehat dan bugar. Berikut ini beberapa makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi wanita berusia 30-an, karena dapat membantu dalam hal itu.

Tuna dan salmon

Ikan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan fungsi jantung. Lemak sehat itu juga membantu menguatkan memori, dan meningkatkan fungsi kognitif.

Sebagaimana tuna, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, dan membantu mencegah serangan jantung atau stroke.

Bayam

Sayuran berdaun hijau ini kaya nutrisi, vitamin, dan serat, yang penting untuk kesehatan fungsi tubuh manusia. Wanita berusia 30-an perlu sering mengonsumsi bayam sebagai makanan keseharian.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Makanan alami ini dapat membantu mengurangi pembekuan darah, menjauhkan stroke, dan serangan jantung. Bagi wanita, telur memiliki fungsi penting dalam membantu mencegah kanker payudara.

Kacang

Kacang mengandung zat besi dan folat. Folat sangat penting untuk ibu hamil, karena mendorong tumbuh kembang janin yang sehat. Meski Anda mungkin tidak sedang hamil, mengonsumsi kacang tetap diperlukan, khususnya jika usia Anda telah memasuki 30-an.

Susu skim

Yang menjadikan susu skim menjadi alternatif yang lebih sehat dari susu biasa, karena susu skim bebas lemak dan kolesterol. Selain itu, susu skim juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk tubuh, dan membantu dalam menjaga kesehatan tulang.

Produk kedelai

Produk kedelai, seperti tahu, susu kedelai, kecap, dan sereal, mengandung protein yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, dan menjaga kesehatan jantung.

Oatmeal

Protein dan serat dalam oatmeal menjadikan Anda kenyang lebih lama. Karenanya, oatmeal adalah makanan yang bisa dipilih untuk dimasukkan ke dalam diet harian Anda. Oatmeal membantu menjaga berat badan yang sehat, karena memiliki sangat sedikit kalori dan mengandung sedikit lemak.

Minyak zaitun

Kandungan lemak sehat di dalam minyak zaitun memiliki banyak fungsi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dari meningkatkan sel darah dan sirkulasi dalam tubuh, melawan penyakit kanker, gangguan jantung, diabetes, hingga obesitas.

Yoghurt

Setelah Anda mencapai usia 30-an, Anda perlu memastikan banyak mengonsumsi kalsium. Kalsium membantu kesehatan tulang, dan melindungi tubuh dari osteoporosis. Yoghurt adalah makanan yang baik dalam menjaga berat badan yang sehat, selain juga memenuhi asupan kalsium yang dibutuhkan setiap hari.