Makanan-makanan Pereda Sariawan

 Makanan-makanan Pereda Sariawan

BIBLIOTIKA - Sariawan adalah radang atau luka yang terjadi pada bibir. Meski mungkin terkesan ringan, namun penderita sariawan merasa serba salah, bahkan tersiksa. Ketika sariawan, kita akan prihatin memasukkan makanan atau minuman ke mulut, karena bibir akan terasa sakit dan perih. Sementara jika tidak makan, tubuh akan kehilangan energi sehingga tidak dapat beraktivitas dengan baik.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah sariawan, agar segera sembuh.

Vitamin B

Salah satu pemicu masalah sariawan adalah kekurangan vitamin B. Bukan hanya sariawan, kekurangan vitamin B juga berpotensi memicu anemia, letih, dan depresi. Jika Anda sedang menderita sariawan, Anda bisa mengasup vitamin B melalui makanan yang mengandung banyak vitamin tersebut, semisal tiram, telur ikan, susu kedelai, daging, dan telur.

Vitamin C

Selain mengonsumsi vitamin B, Anda juga bisa memanfaatkan vitamin C untuk mengatasi sariawan. Vitamin C berfungsi meningkatkan kembali sistem imun dan melawan sariawan. Makanan yang kaya vitamin C adalah keluarga buah jeruk, buah beri, dan sayuran hijau.

Zat besi

Mengonsumsi makanan yang kaya zat besi tidak hanya dapat membantu meredakan sariawan, namun juga menguatkan tulang dan otot. Beberapa makanan kaya zat besi yang bisa Anda pilih di antaranya bayam, daging sapi, tiram, hati ayam, kalkun, wijen, sereal, labu, kentang, brokoli, dan telur.

Asam folat

Sariawan juga bisa diredakan dengan makanan-makann yang mengandung asam folat. Di antara makanan yang mengandung zat penting itu adalah bayam, asparagus, kubis, dan lobak. Untuk buah-buahan, Anda bisa memilih pepaya, nanas, pisang, atau grapefruit.

Air kelapa

Enak dan segar, itulah air kelapa. Anda bisa meminumnya untuk meredakan sariawan. Selain mampu mengatasi sariawan, air kelapa juga dapat menurunkan inflamasi dan mencegah sariawan datang kembali.