Makanan-makanan Pereda Nyeri Sendi

  Makanan-makanan Pereda Nyeri Sendi

BIBLIOTIKA - Nyeri sendi adalah masalah ringan yang bisa menyerang setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Karena aktivitas yang berat, kelelahan, atau hal lain, nyeri sendi bisa menyerang. Umumnya, nyeri sendi terasa di daerah lutut, siku, leher, bahu, atau pinggul.

Kebanyakan orang biasanya menggunakan balsem atau mengundang tukang pijat untuk mengatasi nyeri sendi yang dirasakan. Namun, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan berikut ini untuk mengatasi nyeri sendi yang Anda alami.

Salmon

Nyeri sendi terjadi karena adanya peradangan. Ikan, khususnya salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang dapat mengatasi nyeri sendi, karena mampu mengurangi peradangan.

Buah beri

Buah beri, khususnya bluberi dan stroberi, adalah makanan yang baik untuk mengatasi nyeri sendi. Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of American College of Nutrition, disebutkan bahwa stroberi dan jenis buah beri lainnya dapat mengurangi protein reaktif-C yang menyebabkan peradangan dan nyeri sendi. Selain itu, antioksidan pada buah beri, khususnya bioflavonoid yang disebut quercetin dan anthocyanidins, juga dapat mengurangi nyeri sendi.

Sayuran

Ketidakseimbangan asam lemak omega-3 dalam tubuh bisa menyebabkan masalah nyeri sendi. Untuk menyeimbangkannya, Anda bisa menambah asupan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, bawang, dan jahe. Selain itu, hindari karbohidrat olahan seperti pasta dan junk food untuk mengurangi nyeri sendi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan beberapa jenis biji-bijian seperti biji labu, adalah sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3 dan antioksidan, yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri sendi.

Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya antioksidan, rendah kalori, dan lemak. Selain itu, minyak zaitun mengandung kolesterol baik, yang sehat untuk jantung dan tulang, serta mampu mengurangi peradangan, nyeri sendi, dan membantu penurunan berat badan.

Jus jeruk

Menurut penelitian, asupan vitamin C yang tepat dapat mencegah seseorang dari degenerasi tulang, penyebab utama nyeri sendi.

Selain itu, yang juga tidak kalah penting, banyak-banyaklah minum air, karena nyeri sendi juga dapat disebabkan dehidrasi.