Makanan-makanan Penunjang Kesehatan untuk Wanita

Makanan-makanan Penunjang Kesehatan untuk Wanita

BIBLIOTIKA - Pria dan wanita tidak hanya memiliki tampilan fisik yang berbeda, namun juga kebutuhan asupan gizi dan nutrisi yang berbeda. Sebagai misal, wanita mengalami siklus menstruasi, kehamilan, masa menyusui, dan lainnya, yang tidak dialami pria. Karena itulah, tubuh wanita membutuhkan nutrisi-nutrisi tertentu yang dapat membantu mendukung hal-hal tersebut.

Berikut ini makanan-makanan sehat yang dibutuhkan wanita, untuk menunjang kesehatannya.

Buah beri

Kelompok buah beri, seperti bluberi, raspberry, cranberry, dan stroberi, merupakan makanan yang sangat baik untuk wanita. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan nutrisi antikanker yang sangat penting dalam memperbaiki sel-sel tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa buah-buah beri dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker pada saluran pencernaan.

Kemudian, buah-buah beri mengandung vitamin C dan asam folat tinggi, yang baik bagi wanita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Ditambah antioksidan yang kuat di dalamnya, buah-buah beri tidak hanya melindungi kesehatan jantung, namun juga dapat melindungi kulit dari efek penuaan.

Selain itu, buah beri dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih, sementara kandungan lutein di dalamnya bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Anda bisa mengonsumsi buah beri sebanyak 3 hingga 4 porsi setiap minggu, untuk menjaga tubuh senantiasa sehat dan bugar.

Yoghurt

Yoghurt, khususnya yang rendah lemak, sangat baik untuk wanita karena dapat mengurangi risiko kanker payudara. Selain itu, yoghurt mampu mengurangi masalah yang berhubungan dengan masalah usus (irritable bowel syndrome) dan gangguan saluran pencernaan. Pria maupun wanita sama-sama berisiko mengalami kondisi itu.

Kemudian, yoghurt juga dapat mengurangi risiko infeksi pada daerah kewanitaan, juga membantu mengatasi sakit maag. Anda bisa mengonsumsi yoghurt rendah lemak di waktu sarapan atau makan siang.

Ikan berlemak

Ikan berlemak di antaranya adalah salmon, sarden, dan makarel. Ketiga jenis ikan itu kaya asam lemak omega-3 yang mampu menjaga kesehatan membran sel dalam tubuh. Ikan berlemak juga melindungi Anda dari ancaman gangguan kesehatan seperti stroke, hipertensi, penyakit jantung, depresi, nyeri sendi, Alzheimer, dan lainnya.

Dalam jangka panjang, konsumsi ikan berlemak dapat membantu mencegah penyakit yang terkait dengan peradangan, serta membantu mengatasi kondisi seperti lupus dan radang sendi. Anda bisa mengonsumsi ikan berlemak setidaknya 2 hingga 3 porsi setiap minggu.

Buah yang mengandung likopen

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang mengandung likopen dapat memberikan efek awet muda seiring pertambahan usia. Makanan yang mengandung likopen juga dapat melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet matahari. Di antara buah yang mengandung likopen adalah tomat, semangka, dan grapefruit.

Untuk wanita, buah-buahan tersebut dapat membantu mencegah kanker payudara, sementara kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu wanita dalam memerangi penyakit jantung. Sementara bagi pria, buah-buahan yang mengandung likopen bisa membantu melawan kanker prostat.

Anda bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut antara 3 sampai 5 porsi setiap minggu, untuk mendapatkan manfaat semisal tubuh selalu terhidrasi, lebih bugar, dan lebih sehat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang polong atau kacang tanah memberikan manfaat kesehatan, terutama bagi wanita dan anak-anak. Selain mengandung lemak yang rendah, kacang-kacangan juga merupakan sumber protein yang baik, dan memiliki serat yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung serta kanker payudara.

Selain itu, kacang-kacangan juga berperan penting dalam menstabilkan hormon wanita, dan membantu menurunkan kolesterol jahat. Anda bisa mengonsumsi 3 sampai 4 porsi kacang-kacangan setiap minggu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh.

Susu rendah lemak dan jus jeruk

Susu rendah lemak mengandung vitamin D yang penting bagi wanita, karena dapat membantu tulang untuk menyerap kalsium. Vitamin D dapat mengurangi risiko osteoporosis, dan membuat tulang lebih kuat. Selain itu, vitamin D dapat mengurangi risiko diabetes, tumor payudara, multiple sclerosis, kanker usus, kanker ovarium, dan lainnya.

Sementara jus jeruk mengandung asam askorbat yang mampu membantu penyerapan kalsium, sehingga Anda juga akan mendapatkan manfaat yang melengkapi manfaat susu rendah lemak.