Makanan-makanan Pencegah Kanker

 Makanan-makanan Pencegah Kanker

BIBLIOTIKA - Di antara banyak jenis penyakit, kanker termasuk penyakit berat. Selain membuat penderitanya mengalami kesakitan, proses perawatan dan penyembuhan kanker juga umumnya membutuhkan waktu lama serta biaya yang mahal. Ada banyak jenis kanker, dari kanker mulut sampai kanker paru-paru, dan kita tentu berharap tidak sampai mengalaminya.

Karena itulah, pola hidup sehat sangat disarankan, untuk menghindari serangan penyakit, termasuk kanker. Bagaimana pun, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker, sekaligus meningkatkan energi.

Susu

Meminum segelas susu di malam hari bisa membantu Anda mengatasi insomnia, sehingga lebih mudah tertidur lelap. Hal itu karena susu banyak mengandung vitamin B2, B12, kalsium, protein, dan antioksidan, yang dapat menghilangkan stres. Dengan istirahat yang cukup, energi Anda pun dapat pulih kembali. Selain itu, susu juga dapat mencegah penyakit kanker payudara.

Bayam

Bayam mengandung nutrisi glikol yang dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker dan sel tumor. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu memperbaiki suasana hati Anda.

Almond

Kacang almond mengandung vitamin B2 dan vitamin E yang ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama Anda mengalami stres, sehingga perasaan stres Anda akan diperbaiki hingga Anda kembali bersemangat. Kacang almond juga mengandung banyak serat yang dapat membersihkan saluran pencernaan, sehingga mencegah risiko kanker usus besar.

Oatmeal

Oatmeal dapat meningkatkan kadar hormon serotonin. Serotonin adalah hormon yang berhubungan dengan peningkatan ketenangan di dalam tubuh. Selain itu, oatmeal juga mengandung fitokimia yang dikenal mampu dalam mencegah sel kanker.

Bluberi

Penelitian yang dilakukan di Amerika menemukan bukti bahwa mengonsumsi buah bluberi dapat mencegah kanker usus besar, karena buah ini mengandung zat pterostilbene. Selain itu, bluberi juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang dibutuhkan tubuh saat mengalami stres.

Alpukat

Tak jauh beda dengan bluberi, alpukat juga mengandung antioksidan dan fitokimia yang membantu dalam mencegah kanker. Selain itu, alpukat mengandung vitamin B yang sangat penting untuk memperbaiki saraf dan sel otak, sehingga dapat mengurangi stres.

Jeruk

Vitamin C yang terdapat dalam jeruk dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang menyebabkan stres. Di samping itu, jeruk juga mampu mengurangi risiko kanker mulut, lambung, dan laring, hingga 50 persen.