Makanan-makanan Pencegah Hipertensi

Makanan-makanan Pencegah Hipertensi

BIBLIOTIKA - Selain faktor keturunan atau infeksi virus/bakteri, banyak penyakit atau masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh gaya hidup tidak sehat atau pola makan yang tidak sehat. Begitu pula dengan hipertensi. Menjalankan pola makan yang tidak sehat, atau mengonsumsi makanan-makanan tertentu, dapat berkontribusi terhadap munculnya masalah hipertensi.

Karenanya, salah satu kunci penting untuk menghindarkan hipertensi adalah dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Untuk menunjang tujuan itu, berikut ini beberapa makanan yang juga bermanfaat mencegah hipertensi.

Makanan mengandung kalium

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung kalium secara rutin bisa membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Anda bisa mendapatkan sumber kalium dari buah-buahan dan sayuran seperti kentang, bayam, tomat, pisang, dan jeruk.

Makanan mengandung kalsium

Kalsium dibutuhkan tubuh untuk fungsi kontraksi dan relaksasi otot-otot jantung, sehingga menjadikannya sebagai nutrisi penting dalam mencegah hipertensi. Anda bisa mendapatkan sumber kalsium dari makanan-makanan semisal susu rendah lemak, yoghurt, sayuran berdaun hijau, almond, biji wijen, dan tahu.

Makanan mengandung serat

Mengasup 7 gram serat per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik (tekanan saat jantung berdenyut atau berdetak), sebanyak 5 poin. Karenanya, makanan yang mengandung serat bisa membantu mencegah hipertensi. Anda bisa mendapatkan sumber serat dari makanan seperti sereal, kacang-kacangan, buah, dan sayur-sayuran.

Makanan mengandung omega-3

Asam lemak omega-3 membantu mengurangi kolesterol, mengencerkan darah yang terlalu kental, dan mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, makanan yang mengandung omega-3 juga dapat membantu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Anda bisa mendapatkan omega-3 pada ikan, minyak mustard, kenari, gandum, dan kedelai.

Makanan mengandung magnesium

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 30.000 pria, terbukti bahwa mereka yang mengonsumsi magnesium dalam menu diet memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi. Dalam tubuh, magnesium mampu membantu arteri lebih rileks. Anda bisa mendapatkan asupan magnesium dari biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, roti gandum, dan tahu.