Makanan-makanan Penangkal Penyakit Tiroid

Makanan-makanan Penangkal Penyakit Tiroid

BIBLIOTIKA - Hipertiroidisme adalah kondisi ketika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid, yaitu T4 dan T3. Banyak orang yang menderita penyakit ini tidak menyadari kalau mereka terkena hipertiroidisme. Keuali jika mereka menderita gejala akut seperti depresi, kurang nafsu makan, sembelit, kelelahan, fluktuasi berat badan, atau energi tubuh yang rendah.

Kelenjar tiroid terletak tepat di bawah kotak suara, sepanjang 2 inci. Kelenjar yang memiliki dua lobus ini mengatur keseimbangan metabolisme tubuh dan kalsium. Gangguan hipertiroidisme bisa disembuhkan melalui perawatan medis. Namun, Anda juga bisa mengatasinya secara alami dengan mengonsumsi makanan-makanan penangkal tiroid. Berikut ini di antaranya.

Makanan beryodium

Untuk membantu tiroid mengelola metabolisme, detoksifikasi, dan meningkatkan pertumbuhan serta perkembangannya, Anda membutuhkan makanan yang mengandung yodium dalam diet Anda. Makanan yang mengandung yodium di antaranya stroberi, kentang, yoghurt, produk susu, dan kacang.

Jamur

Gangguan tiroid muncul, salah satunya karena disebabkan kekurangan selenium. Karenanya, Anda bisa mengonsumsi jamur, karena makanan itu termasuk sumber selenium.

Bawang putih

Selain jamur, bawang putih juga termasuk sumber selenium yang baik. Rempah-rempah ini tidak hanya baik untuk tiroid, namun juga untuk penderita diabetes dan masalah jantung.

Bayam

Sayuran berdaun hijau semisal bayam adalah sumber makanan yang kaya vitamin, protein, mineral, serta asam lemak omega-3. Anda bisa sering mengonsumsi bayam untuk menjaga metabolisme tubuh Anda.

Brokoli

Selain bayam, brokoli juga termasuk sayuran hijau yang mampu mengurangi senyawa-senyawa yang membahayakan fungsi tiroid.

Daging merah

Daging merah, semisal daging sapi, kaya zat besi yang bagus untuk tubuh. Yang perlu diperhatikan, pilihlah daging merah yang rendah lemak. Hal itu sangat penting bagi penderita tiroid.

Hati sapi

Hati sapi mengandung vitamin B12 dan selenium yang dapat membantu menyeimbangkan kekurangan selenium, yang pada akhirnya dapat mengatasi penyakit tiroid.

Telur dan susu

Telur dan susu adalah produk makanan yang berasal dari hewan ternak yang baik untuk mengatasi masalah tiroid. Kedua jenis makanan itu tidak hanya kaya kalsium, namun juga merupakan sumber zat besi dan yodium.

Gandum

Gandum murni seperti beras merah dan oatmeal memiliki banyak kandungan vitamin B dan nutrisi yang dapat meningkatkan metabolisme Anda.

Tomat

Tomat mengandung vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak esensial yang bisa diubah secara cepat untuk menjadi energi, dan hal itu bisa mengatur fungsi tiroid.