Makanan-makanan Penangkal Kista Ovarium

Makanan-makanan Penangkal Kista Ovarium

BIBLIOTIKA - Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), atau sindrom ovarium polikistik, telah menjadi salah satu masalah kesehatan umum di kalangan wanita. Di masa lalu, penyakit ini hanya menyerang wanita yang telah berusia di atas 25 tahun. Namun, sekarang, wanita di bawah usia 25 tahun juga bisa terserang. Hal itu disinyalir karena diet tidak sehat, pola hidup yang buruk, kurang gizi, konsumsi alkohol, dan lainnya, yang mempengaruhi fungsi normal sistem reproduksi.

Salah satu penyebab penyakit kista adalah ketidakseimbangan hormon seks. Hal itu kemudian mempengaruhi siklus menstruasi normal, dan mengarah pada pembentukan kista kecil di ovarium, yang pada akhirnya mempengaruhi fungsi normal sistem reproduksi. Karenanya, wanita yang mengalami masalah kista cenderung sulit hamil.

Di antara upaya untuk menjauhkan penyakit kista adalah dengan menyeimbangkan kadar hormon, aktif bergerak dan beraktivitas, serta mengonsumsi makanan sehat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu menangkal kista. Jika Anda kebetulan juga mengalami masalah kista, makanan-makanan berikut ini juga dapat membantu mengatasinya.

Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 dan rendah indeks glikemik. Kandungan tersebut tidak hanya baik dalam menjaga kesehatan jantung, namun juga dapat membantu meningkatkan kadar hormon androgen pada wanita yang mengalami masalah kista.

Selada

Salah satu penyebab umum munculnya kista adalah resistensi insulin. Dalam hal itu, kandungan gizi dalam selada mampu mengatasinya. Karenanya, sangat baik menjadikan selada sebagai bagian konsumsi sehari-hari.

Kayu manis

Tak jauh beda dengan selada, rempah-rempah kayu manis juga mampu membantu mengatasi masalah kista, dengan cara menurunkan tingkat insulin. Selain itu, kayu manis juga membantu mengatasi masalah obesitas.

Brokoli

Sayuran hijau semacam brokoli mengandung banyak vitamin, rendah kalori, dan rendah indeks glikemik. Selain membantu menjauhkan kanker, brokoli juga sangat baik dikonsumsi selama diet.

Tomat

Mengandung likopen tinggi serta rendah indeks glikemik, tomat adalah makanan yang berfungsi memperlambat proses penuaan, membantu menurunkan berat badan, serta membantu menangkal kista.

Telur

Telur adalah makanan sehat. Namun, jika Anda mengonsumsi telur dengan tujuan untuk menangkal kista, Anda bisa mengonsumsi telur bagian putihnya saja, tanpa menyertakan bagian kuningnya. Kuning telur mengandung kolesterol tinggi yang bisa menimbulkan masalah pada jantung.

Susu

Minum dua gelas susu setiap hari tidak hanya membantu badan sehat dan bugar, namun juga menyuplai kalsium yang dibutuhkan wanita yang mengalami masalah kista. Susu juga membantu dalam pematangan sel telur, pembangunan folikel di ovarium, dan memperkuat tulang.

Yoghurt

Sebagai produk susu, yoghurt juga mengandung kalsium. Seperti susu, yoghurt juga bertindak sebagai pelindung wanita yang mengalami infeksi atau bermasalah dengan kista.

Bayam

Sayuran hijau ini sangat bergizi, dan rendah kalori. Wanita yang mengalami masalah kista sangat perlu mengonsumsi makanan berkalori rendah, untuk menginduksi ovulasi dan menghindari infertilitas karena obesitas.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan semacam almond dan hazelnut sangat baik untuk jantung, juga membantu mengontrol resistensi insulin.