Makanan-makanan Penangkal Kerontokan Rambut

Makanan-makanan Penangkal Kerontokan Rambut

BIBLIOTIKA - Di antara masalah rambut adalah ketombe, kusam, atau kerontokan. Masalah yang terjadi pada rambut bisa karena efek terpapar sinar matahari, penggunaan shampo yang keliru, hingga karena makanan yang kita konsumsi. Jika Anda kebetulan mengalami masalah rambut, khususnya kerontokan, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang membantu mengatasi masalah itu. Berikut ini di antaranya.

Kedelai

Rambut kita terdiri dari keratin atau protein. Karenanya, protein sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan rambut yang rusak. Kedelai mengandung banyak protein, sehingga mengonsumsi kedelai bisa membantu mengatasi masalah rambut.

Almond

Almond adalah kacang yang sangat bermanfaat dalam hal kesehatan rambut. Vitamin E yang terkandung di dalam kacang almond bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Kalsium yang dikandungnya membantu memperkuat akar rambut, sementara asam lemak omega-3 dalam almond membantu rambut tetap halus dan indah.

Beras merah

Beras merah atau brown rice adalah jenis beras yang kaya karbohidrat kompleks, sehingga mengandung banyak serat. Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin B kompleks yang penting dalam menunjang kesehatan rambut.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan sawi, memiliki sejumlah besar zat besi yang dapat memperkuat rambut. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga kaya vitamin A dan C, yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Jeruk

Jeruk terkenal sebagai buah yang mengandung vitamin C. Vitamin C dalam jeruk membantu dalam produksi kolagen yang bertugas mendorong pertumbuhan rambut.

Sereal gandum

Gandum mengandung banyak zat besi yang dapat diserap oleh tubuh secara mudah. Selain itu, gandum juga mengandung mineral langka, seperti fosfor dan magnesium.

Buncis

Buncis tidak hanya mengatasi kerontokan rambut, tapi juga menjadikan rambut bebas ketombe. Buncis mengandung seng yang sangat berguna dalam hal mengatasi ketombe di kulit kepala.