Makanan-makanan Penambah Energi untuk Pria

Makanan-makanan Penambah Energi untuk Pria

BIBLIOTIKA - Umumnya, pria membutuhkan energi lebih banyak dibanding wanita, sehingga pria pun biasanya makan dalam jumlah lebih banyak dibanding rata-rata wanita. Kenyataannya, komposisi tubuh pria memang mengharuskan mereka mengonsumsi makanan yang kaya energi.

Makanan pembangun enegri untuk pria tidak hanya karbohidrat dan lemak. Pria juga membutuhkan protein untuk memperbaiki keausan otot-otot, dan mineral seperti zinc untuk menjaga sekresi hormon. Berikut ini beberapa makanan yang merupakan penambah energi untuk pria.

Telur

Telur mengandung protein tinggi, zat seng, juga kolin, yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan pria untuk mendapatkan energi prima.

Brokoli

Tubuh bisa mengalami kehilangan atau kekurangan energi karena menderita stres oksidatif. Brokoli mengandung antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan oksidatif dari dalam.

Tiram

Tiram mengandung banyak zat seng yang membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh pria. Jika mengonsumsi tiram, sebaiknya jangan dimasak terlalu lama, karena bisa menghilangkan nutrisinya.

Almond


Lemak jenuh tunggal dalam kacang almond membantu memberi energi, namun tidak terakumulasi dalam tubuh. Selain itu, almond juga mengandung magnesium yang membantu dalam proses asimilasi makanan dalam tubuh.

Selain almond, kacang edamame juga baik untuk meningkatkan energi. Edamame adalah jenis kacang yang kaya protein, yang dapat memberi stamina, khususnya bagi Anda yang vegetarian.

Air

Saat racun-racun (dari polusi, makanan, dan lainnya) terakumulasi dalam tubuh, Anda akan merasa mudah lelah. Cara paling mudah sekaligus efektif dalam mengeluarkan racun dari tubuh adalah minum air, setidaknya 8 gelas setiap hari.

Bluberi

Ketika tubuh kelelahan, otak secara otomatis sulit berkonsentrasi. Bluberi mengandung manfaat dalam hal mengembalikan konsentrasi otak, selain membantu kesehatan saraf.

Kentang manis

Menurunnya tingkat gula darah membawa dampak berupa mudah lelah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti kentang manis. Selain meningkatkan energi, kentang manis juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

Salmon

Ketika terjadi peradangan internal, Anda bisa merasa lelah sebagai akibatnya. Untuk mengatasi hal itu, salmon adalah pilihan konsumsi terbaik, karena mengandung kolesterol baik yang merupakan obat anti-inflamasi untuk masalah tersebut. Selain itu, salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang telah terkenal manfaatnya.

Kafein


Jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas atau tidak berlebihan, kafein (misalnya dalam kopi) bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah satu khasiat kafein adalah membantu pikiran tetap fokus, dan meningkatkan energi tubuh.