Makanan-makanan Penambah Darah

Makanan-makanan Penambah Darah

BIBLIOTIKA - Anemia adalah kondisi tubuh yang mengalami kekurangan darah. Anemia bisa disebabkan karena kekurangan gizi pembentuk darah seperti zat besi dan vitamin B12, atau bisa pula karena kondisi ginjal yang terganggu. Umumnya, para penderita anemia sering merasa lemah, letih, dan lesu, karena tubuhnya kekurangan pasokan darah.

Berikut ini adalah makanan-makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menambah darah dalam tubuh, karena membantu tubuh memproduksi lebih banyak darah. Bagi penderita anemia, makanan-makanan berikut ini sangat baik dikonsumsi.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan yang baik, karena menunjang kesehatan tubuh. Dalam hal menambah produksi darah dalam tubuh, Anda bisa memilih anggur, apel, melon, jeruk, limau, bit hijau, dan plum.

Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang yang bisa membantu menambah darah adalah kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang lentil, dan kacang almond.

Jagung

Jagung kaya zat besi dan tembaga, serta menjadi sumber yang baik untuk vitamin A dan vitamin C.

Daging

Daging merupakan sumber protein juga zat besi. Dalam 100 gram daging sapi, misalnya, terkandung 2,8 mg zat besi.

Gandum

Jika Anda suka makan roti, pilihlah roti berbahan gandum. Roti gandum mengandung zat besi dalam jumlah besar, selain memiliki fungsi mencegah penyakit jantung dan kanker.

Ikan

Ikan termasuk makanan yang menjadi sumber zat besi. Ikan sarden, misalnya, mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram. Sementara ikan salmon merupakan sumber utama protein dan asam lemak omega 3. Ikan tuna juga bisa dipilih, karena memiliki manfaat dan khasiat yang sama.

Kismis

Kismis adalah buah kering dengan kandungan zat besi sangat tinggi. Kismis juga merupakan makanan yang bersifat basa, dan dapat membantu mengatasi kondisi asam tubuh

Sayur-sayuran

Sayur-sayuran semisal bayam, kangkung, daun katuk, kacang merah, kentang, lobak, bunga kol, brokoli, sawi, juga ubi, mampu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Sereal

Makan pagi dengan sereal adalah cara nikmat dan sehat untuk mengatasi kondisi kurang darah. Dalam ¾ cangkir sereal terkandung 18 mg zat besi. Sedangkan 100 gram oatmeal instan mengandung 11 mg zat besi.