Makanan dan Minuman untuk Meredakan Sakit Kepala

Makanan dan Minuman untuk Meredakan Sakit Kepala

BIBLIOTIKA - Sakit kepala bisa terjadi karena berbagai sebab, dari dehidrasi sampai karena pusing memikirkan banyak masalah. Sensitif terhadap makanan juga bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala, dari yang ringan sampai berat. Makanan-makanan tertentu juga bisa menyebabkan sakit kepala, seperti keju yang sudah lama, cokelat, alkohol, atau zat tambahan seperti MSG, pemanis buatan, pewarna buatan, dan lainnya.

Biasanya, orang menggunakan pil atau obat-obatan tertentu untuk meredakan sakit kepala yang dialaminya. Jika Anda menginginkan cara yang lebih alami, berikut ini makanan-makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi sakit kepala.

Air

Sebelum mencoba menggunakan pil atau yang lain, cobalah minum air terlebih dulu. Umumnya, sakit kepala disebabkan oleh dehidrasi. Karenanya, cobalah cukupi terlebih dulu kebutuhan air dalam tubuh Anda dengan meminum air dalam jumlah yang cukup. Agar lebih segar, Anda bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis. Anda juga bisa mencoba minuman yang mengandung elektrolit, jika sering mengalami sakit kepala setelah berolahraga.

Gandum


Selain mengandung banyak serat, gandum juga mengandung magnesium yang sangat dibutuhkan ketika Anda mengalami sakit kepala, khususnya karena menstruasi. Karenanya, saat kepala terasa pusing, Anda bisa mencari makanan atau kudapan yang mengandung gandum utuh untuk mengatasinya. Selain gandum, makanan lain yang juga mengandung magnesium adalah ikan laut, kacang-kacangan, alpukat, dan sayuran hijau.

Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik dalam mencegah peradangan pada otak. Anda bisa mengonsumsi salmon bersama sarapan, makan siang, atau makan makan. Selain salmon, ikan tuna dan makarel juga mengandung omega-3. Begitu pula biji rami dan minyak biji rami.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan yang membantu sirkulasi, mengurangi peradangan, dan menyeimbangkan level hormon Anda. Selain minyak zaitun, makanan lain yang juga memiliki kandungan dan manfaat yang sama adalah kacang-kacangan, selai kacang, biji-bijian, dan mentega

Jahe

Selain biasa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa mual, jahe juga baik untuk meredakan sakit kepala. Jahe mengandung zat antiradang dan antihistamin. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menggunakan jahe untuk membuat minuman yang hangat dan menyegarkan.