Makanan Berkalori Tinggi yang Perlu Dikonsumsi

  Makanan Berkalori Tinggi yang Perlu Dikonsumsi

BIBLIOTIKA - Kita sering mendengar saran agar menjauhi makanan berkalori tinggi, karena dapat membuat berat badan semakin bertambah. Kenyataannya memang beberapa makanan berkalori tinggi seperti kentang goreng atau semacamnya dapat membuat badan makin gemuk. Namun bukan berarti semua makanan berkalori tinggi harus dijauhi. Beberapa di antaranya bahkan perlu dikonsumsi, karena mengandung khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini di antaranya.

Alpukat

Alpukat baik dikonsumsi, karena mengandung lemak tak jenuh, antioksidan, dan betakaroten, yang mendukung kesehatan memori, menurunkan kadar lemak jahat, dan mencegah penyakit jantung. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, Anda bisa mengonsumsinya setengah porsi setiap hari.

Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memang mengandung kalori tinggi, termasuk almond, mete, kenari, biji bunga matahari, dan kacang tanah. Namun, kacang dan biji-bijian juga kaya protein, serat, vitamin E, magnesium, seng, dan folat, yang menyehatkan. Selama dikonsumsi dalam batas wajar atau tidak berlebihan, makanan tersebut justru bermanfaat.

Keju

Keju adalah produk susu yang mengandung kalori paling banyak. Meski begitu, keju mengandung kalsium dan protein yang baik untuk tubuh. Karena kalorinya yang tinggi, Anda perlu membatasi konsumsinya.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memang mengandung kalori yang tinggi. Namun, kandungan lemak tak jenuh di dalam minyak zaitun bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit jantung, meredakan inflamasi, mencegah kanker, dan menyehatkan tulang.

Kentang

Sama seperti makanan-makanan yang disebut sebelumnya, kentang juga memiliki kandungan kalori yang tinggi. Namun, kentang tetap perlu dikonsumsi, karena kaya zat besi, kalium, dan serat, yang dibutuhkan oleh tubuh.