Madu untuk Menyegarkan Wajah

  Madu untuk Menyegarkan Wajah

BIBLIOTIKA - Untuk keperluan menyegarkan wajah, madu dapat digunakan bersama daun beluntas. Bahan yang digunakan; 3 sampai 4 sendok makan madu, dan 5 lembar daun beluntas.

Cara membuatnya, madu dan daun beluntas direbus dengan sedikit air. Biarkan beberapa saat, kemudian angkat dan dinginkan. Setelah mendingin, gunakan air tersebut untuk membasuh muka sambil dipijat-pijat ringan.

Biarkan wajah mengering dengan sendirinya, dan setelah itu dibasuh dengan air biasa (air adem). Dengan cara yang sederhana seperti ini, Anda akan mendapati wajah Anda terasa lebih segar.

Selain cara di atas, ada cara lain yang dapat digunakan untuk tujuan menyegarkan wajah. Bahannya tetap dengan menggunakan madu, hanya saja dengan ditambahkan beberapa bahan lain, yaitu bengkoang segar dan 1 sendok teh air jeruk nipis.

Cara membuatnya; bengkoang diparut, diperas dan kemudian disaring, lalu diendapkan. Pisahkan pati dan sari bengkoang. Lalu campurkan air jeruk nipis dan madu ke dalam sari bengkoang dan aduklah hingga tercampur secara merata.

Setelah wajah dibersihkan, gunakan larutan ini sebagai penyegar, khususnya pada siang hari atau setelah beraktivitas.

Larutan ini khususnya cocok bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat. Air sari bengkoang juga dapat diminum langsung tanpa campuran lain. Selain segar, sari bengkoang sangat efektif dalam menambah kekenyalan kulit dan menyegarkan tubuh. Sedangkan campuran air jeruk nipis dalam larutan ini berperan mengecilkan pori-pori dan melembutkan kulit, yang disempurnakan oleh madu.

Madu untuk masker

Masker madu juga sangat bagus untuk keperluan menyegarkan dan mengencangkan kulit wajah. Bahan yang dibutuhkan adalah 3 sampai 4 sendok makan madu, dan 8 sampai 10 helai kelopak bunga mawar.

Cara membuatnya, kelopak bunga mawar diremas-remas, kemudian dicampur dengan madu, lalu diaduk hingga merata. (Khusus untuk kulit berminyak dapat ditambahkan dengan 1 sendok teh air jeruk nipis atau perasan air mentimun).

Setelah itu, oleskanlah secara merata pada bagian wajah dan leher, kemudian berbaringlah dengan santai sambil menunggu masker ini mulai bekerja. Setelah 15 sampai 20 menit, basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat.

Masker madu ini bisa digunakan pada waktu pagi hari sebelum mandi, atau pada sore hari setelah beraktivitas.