Khasiat Teh Kombucha untuk Kesehatan

 Khasiat Teh Kombucha untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Asal mula teh kombucha dapat ditelusuri setelah Perang Dunia II, dan diyakini bahwa teh ini dibawa oleh seorang wanita Jepang ke Rusia. Pada awalnya, minuman ini hanya dianggap sebagai jenis minuman biasa. Namun kemudian orang-orang yang mengkonsumsinya merasakan bahwa rasa hangat yang menjalari seluruh tubuh setelah menghabiskan secangkir teh ini menyebabkan mereka jadi merasa ketagihan karena merasakan tubuh yang terasa lebih sehat dan lebih segar.

Pada waktu itu belum terpikirkan untuk mengetahui kandungan apa yang terdapat dalam minuman teh tersebut. Yang pasti, orang-orang yang meminumnya tahu bahwa minuman teh ini dapat menghilangkan rasa lelah dan letih setelah bekerja seharian penuh.

Semenjak dahulu, penduduk asli Manchuria menjadikan teh kombucha sebagai semacam ‘minuman penting’ dan mereka begitu fanatik terhadap teh yang satu ini. Sebegitu fanatiknya, sampai-sampai penduduk asli Manchuria waktu itu menjadikan teh kombucha sebagai bagian terpenting dalam ritual penyucian diri.

Bertahun-tahun kemudian, ketika penelitian demi penelitian telah dilakukan terhadap teh jenis ini, diketahui bahwa campuran teh kombucha memiliki fungsi yang pasti dalam hal membersihkan tubuh dari racun dan penyebab penyakit lainnya. Melalui serangkaian penelitian ilmiah, para ilmuwan kemudian mendapatkan bukti bahwa hampir tidak ada kasus kanker di wilayah Manchuria!

Teh kombucha ini berbeda dengan jenis teh-teh yang lainnya. Teh yang diyakini berasal dari Jepang ini bukanlah sejenis teh murni, melainkan salah satu jenis jamur (istilah yang paling umum adalah ‘teh jamur Jepang’). Jamur yang menjadi asal mula dari teh kombucha ini berbentuk lembaran tipis yang dilapisi cairan kental. Yang unik, jamur ini dapat hidup pada larutan teh dan gula, dan pada temperatur tertentu jamur ini dapat melipatgandakan diri dengan cepat.

Jamur kombucha tidak membentuk pori-pori sebagaimana ragi, karena proses perkembangbiakannya dengan cara bercabang-cabang. Proses percabangan inilah yang mengubah kandungan teh menjadi enzim yang memiliki manfaat bagi tubuh. Bisa dikatakan bahwa tanpa proses percabangan jamur kombucha ini, larutan tehnya tidak memiliki keistimewaan.

Yang menjadi kandungan utama jamur kombucha adalah asam-asaman yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh, antibiotika, antiseptik, vitamin B dan vitamin C, penawar racun, serta juga alkohol sebanyak 0.5 sampai 1 persen. Salah satu kelebihan utama kombucha adalah kemampuannya dalam membersihkan tubuh dari racun serta sampah tubuh dengan cara yang bisa dikatakan luar biasa cepat.

Kenyataan itu pernah dibuktikan dengan melakukan tes terhadap urine (air seni) dari orang yang baru saja meminum teh kombucha. Ternyata, hasil tes itu menunjukkan bahwa urine dari orang yang baru saja meminum teh kombucha mengandung racun serta sampah yang paling berat bagi tubuh; semacam zat mercuri. Bisa dikatakan, tak ada penawar racun lain bagi tubuh yang dapat bekerja secepat itu.

Kelebihan lain yang dimiliki teh yang satu ini adalah kemampuannya dalam mempengaruhi seluruh kelenjar aktif dalam tubuh, entah itu yang berkaitan dengan organ-organ penting ataupun yang hanya sekedar kelenjar keringat dan air mata. Karenanya, tidak mengherankan kalau orang-orang yang terbiasa mengkonsumsi teh ini tidak hanya terlihat sehat dan penuh vitalitas, namun juga terlihat awet muda dan memiliki kesegaran alami.

Hal terakhir yang menjadi khasiat dari teh kombucha ini adalah kemampuannya dalam mencegah gangguan yang berhubungan dengan pencernaan, menghilangkan rasa ngilu dan rasa nyeri otot ataupun persendian, menyembuhkan asma, bronkhitis, juga batuk dalam waktu yang relatif singkat (hanya sekitar 2 sampai 3 hari), mengatasi ketegangan syaraf, alergi, juga manjur untuk mengatasi ginjal yang bermasalah.

Tips:

Jangan mencampurkan susu ke dalam minuman teh, karena khasiat teh akan berkurang secara drastis. Jika ingin mencampurkan sesuatu ke dalam minuman teh dengan tujuan untuk memberikan rasa yang berbeda, lebih baik campurkan madu, atau jus apel atau sirup maple. Selain menjadikan rasanya menjadi lebih nikmat, campuran atas tiga hal tersebut juga dapat meningkatkan khasiat yang terkandung di dalam teh.

Sepuluh gelas teh setiap hari akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh sepanjang hari. Apabila kadar kafein yang terkandung di dalam teh menjadi masalah bagi Anda, maka Anda bisa mengkonsumsi jenis teh hijau yang relatif minim kafein.