Kalau Manusia Mengerami Telur Ayam, Apakah Bisa Menetas?

Kalau Manusia Mengerami Telur Ayam, Apakah Bisa Menetas?

BIBLIOTIKA - Thomas Alva Edison juga pernah iseng mempertanyakan hal itu, dan secara serius menelitinya. Hasil kesimpulannya, manusia tidak bisa menetaskan telur dengan mengeraminya.

Kenyataan itu mungkin “menampar” inteligensi kita. Kalau seekor ayam saja bisa melakukan hal itu (mengerami dan menetaskan telur), kenapa manusia tidak bisa? Ada faktor penting yang menjadikan manusia tidak bisa mengerami telur, yaitu suhu. Telur akan menetas jika mendapatkan suhu 38 derajat Celcius. Sementara suhu tubuh manusia hanya 37,5 derajat Celcius.

Dalam percobaannya, Edison membayangkan bahwa jika ia memeluk sebutir telur sebagaimana ayam mengerami telurnya, maka telur akan menetas. Tapi eksperimen itu gagal, karena perbedaan suhu manusia dengan ayam. Selain suhu, telur juga membutuhkan beberapa persyaratan lain untuk dapat menetas.

Pertama, telur tersebut harus dibuahi oleh ayam jantan. Artinya, telur yang dihasilkan ayam betina tanpa pejantan tidak dapat ditetaskan. Kedua, telur harus mendapatkan kelembapan yang terjaga, antara 50 sampai 60 persen. Ketiga, selama proses pengeraman, bagian putih dan kuning telur harus tercampur.

Sebenarnya, tidak semua telur harus dierami untuk dapat menetas. Telur buaya atau penyu, misalnya, dapat menetas tanpa dierami induknya. Kedua telur hewan itu menetas dengan bantuan cahaya matahari. Namun ayam harus mengerami telurnya untuk dapat menetas. Omong-omong, memangnya kenapa kalau kita tidak bisa mengerami telur?

Fakta:
  1. Telur bebek lebih besar dari telur ayam. 
  2. Telur terbesar yang dihasilkan unggas adalah telur burung unta.
  3. Telur mengandung semua vitamin, kecuali vitamin C.
  4. Kandungan selenium pada telur organik terbukti dapat memperbaiki mood yang sedang buruk.
  5. Alfred Hitchcock, sutradara dan penulis terkenal, sangat takut pada benda-benda berbentuk oval, termasuk telur.
  6. Cina tidak hanya memiliki jumlah penduduk terbanyak, tetapi juga ayam terbanyak. Di Cina, terdapat lebih dari 3.000.000.000 (tiga milyar) ekor ayam. Sebagai perbandingan, di Amerika Serikat hanya ada 450 juta ekor.
  7. Sebanyak 91 persen warga Amerika memakan ayam kalkun di hari Thanksgiving.
  8. Di Gainesville, Georgia, yang merupakan ibukota ayam dunia, ada sebuah peraturan lokal yang melarang memakan ayam dengan garpu.
  9. Di Quitman, Georgia, AS, ada hukum yang melarang ayam menyeberang jalan.
  10. Kotoran yang dihasilkan ayam dalam satu masa hidupnya dapat menyuplai listrik yang cukup untuk menjalankan bohlam 100 watt selama lima jam.
  11. Rekor penerbangan terlama seekor ayam adalah 13 detik.
  12. Jarak terbang/loncat ayam terjauh yang pernah tercatat adalah 301,5 meter.
  13. Ayam adalah kerabat terdekat tyrannosaurus.