Fakta-fakta Penting Seputar Kalsium

Fakta-fakta Penting Seputar Kalsium

BIBLIOTIKA - Umumnya, kita menghubungkan kalsium dengan kesehatan tulang. Kenyataan itu mungkin disebabkan seringnya kita mendengar, membaca, atau melihat tayangan iklan di televisi yang menyebutkan bahwa kalsium adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang. Meski begitu, kalsium tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, tapi juga untuk kesehatan sistem saraf, pembuluh darah, dan kontraksi otot.

Berikut ini fakta-fata penting seputar kalsium yang perlu Anda tahu:

Produk susu rendah lemak mengandung lebih banyak kalsium daripada produk susu yang tinggi lemak. Karenanya, untuk mendapat asupan kalsium yang cukup, sebaiknya pilihlah produk susu, yoghurt, dan keju, yang rendah lemak.

Tubuh kita sangat baik menyerap kalsium pada malam hari, sebab pada waktu itu beberapa kelenjar dan organ hati sangat aktif. Karenanya, sangat baik minum susu pada malam hari menjelang tidur. Selain baik untuk kesehatan, juga menjadikan tidur lebih nyenyak.

Asupan kalsium yang disarankan untuk dikonsumsi adalah 1.000 miligram atau lebih per hari. Meski begitu, jangan langsung minum sebanyak itu dalam satu waktu, karena tubuh kita tidak bisa menerima asupan kalsium yang terlalu banyak dalam sekali minum. Sangat baik jika kita minum susu dalam beberapa waktu, sehingga kalsium di dalamnya benar-benar terserap oleh tubuh dengan baik.

Jika Anda mengonsumsi multivitamin dan suplemen zat besi serta kalsium, sebaiknya jangan diminum secara bersamaan. Konsumsilah masing-masing suplemen tersebut secara terpisah, agar tubuh lebih mudah dalam mencernanya.

Sumber kalsium tidak hanya susu dan produk susu. Karenanya, jika Anda alergi atau tidak doyan susu, Anda tetap bisa mendapatkan asupan kalsium dari sayuran berdaun hijau dan kacang almond panggang.

Sangat baik jika Anda minum segelas air atau memakan makanan lain setelah minum segelas susu. Hal itu akan menjadikan nutrisi kalsium dalam susu dapat diserap tubuh lebih optimal.

Agar bisa dicerna tubuh secara maksimal, kalsium juga membutuhkan nutrisi lain, yaitu vitamin D. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari makanan, suplemen, atau sinar matahari.