Dampak Positif Mengurangi Konsumsi Daging

  Dampak Positif Mengurangi Konsumsi Daging

BIBLIOTIKA - Daging adalah salah satu sumber makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Meski begitu, daging juga menjadi salah satu penyebab beberapa masalah kesehatan. Karenanya, meski mengandung nutrisi baik, kita perlu memperhatikan jumlah yang kita konsumsi, sehingga manfaat yang ada tidak malah berdampak buruk.

Selain itu, mengurangi jumlah konsumsi daging juga diketahui mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan, yang di antaranya berikut ini.

Hidup lebih lama

Berdasarkan studi, diketahui bahwa wanita yang mengurangi konsumsi daging dan melakukan diet vegetarian memiliki usia 5 tahun lebih lama dibanding mereka yang banyak memakan daging. Kemungkinan hal itu disebabkan oleh BMI yang rendah dari para wanita yang mengurangi konsumsi daging, sehingga mereka terlindung dari penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.

Kesehatan lebih baik

Umumnya, orang menggunakan daging dan sayuran sebagai lauk makanan dengan kadar berimbang. Ketika Anda mengurangi asupan daging, maka artinya Anda akan menambah konsumsi sayuran. Karena makanan yang Anda konsumsi lebih banyak berasal dari tanaman, maka tubuh Anda pun memiliki kadar serat yang lebih baik, yang dalam jangka panjang lebih baik pula untuk kesehatan.

Terhindar dari kanker

Para vegetarian diketahui memiliki risiko kanker yang rendah. Hal itu diperkirakan karena mereka mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti sayur dan buah. Kenyataannya, penelitian menemukan bahwa asam amino yang terdapat dalam daging mentah atau olahan memiliki kaitan dengan munculnya jenis kanker tertentu. Karenanya, Anda pun bisa mengurangi risiko kanker dengan mengurangi makan daging, dan lebih banyak mengonsumsi sayur serta buah-buahan.

Kesehatan jantung

Selain memiliki risiko kanker yang rendah, para vegetarian juga diketahui memiliki 36 persen risiko lebih rendah untuk terkena sindrom metabolisme, yang mengarah pada tingginya gula darah, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Kenyataan itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan di Loma Linda University, California. Karenanya, mengurangi konsumsi daging bisa membuat Anda menurunkan risiko terkena penyakit jantung, dan memiliki jantung yang sehat.

Lebih bahagia

Di luar dampak positif yang berhubungan dengan kesehatan fisik, penelitian juga mengungkapkan bahwa para vegetarian juga lebih sedikit mengalami stres dibandingkan orang yang mengonsumsi daging. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran juga mampu meningkatkan mood serta membuat orang lebih bahagia.