Dampak Positif dan Manfaat Makan Perlahan-lahan

 Dampak Positif dan Manfaat Makan Perlahan-lahan

BIBLIOTIKA - Salah satu aturan makan yang penting namun mungkin kurang terkenal adalah, “Makanlah perlahan-lahan.” Sayangnya, kebanyakan orang makan dengan cepat-cepat, khususnya yang sedang diburu waktu atau pekerjaan.

Mengunyah makanan dalam mulut secara perlahan tidak hanya memudahkan kita menelan, namun juga memberi dampak positif bagi kesehatan. Berikut ini di antaranya.

Menjaga berat badan

Ketika kita mengonsumsi makanan, otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mendapatkan sinyal bahwa perut sudah kenyang dan tidak butuh makanan lagi. Jika kita makan perlahan-lahan, kita hanya akan memasukkan makanan dalam jumlah sedikit. Namun, jika kita makan cepat-cepat, kita memasukkan lebih banyak kalori ke dalam tubuh, sehingga memicu peningkatan berat badan.

Terasa lebih nikmat

Senikmat apa pun makanan, rasanya tidak akan optimal kalau kita memakannya cepat-cepat. Karenanya, makan perlahan-lahan tidak hanya baik untuk menjaga berat badan, namun juga akan membuat kita lebih bisa merasakan kenikmatan makanan yang sedang kita santap. Selain itu, apa gunanya kenyang tanpa perasaan menikmati makanan?

Membantu sistem pencernaan

Makan perlahan-lahan artinya mengunyah makanan dalam mulut dengan tidak terburu-buru. Jika makanan dikunyah dengan baik, makanan akan lebih lembut saat ditelan. Hasilnya sistem pencernaan di tubuh kita tidak terlalu berat lagi ketika mengolahnya. Dengan kata lain, makan pelan-pelan membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Melatih konsentrasi

Umumnya, orang yang makan cepat-cepat karena sedang terburu-buru. Mula-mula, mereka mungkin tidak menyadari hal itu, sampai pelan-pelan menjadi kebiasaan baru. Hasilnya, mereka pun makan dengan konsentrasi terpecah, antara memasukkan makanan dengan hal lain yang sedang atau akan mereka kerjakan. Makan pelan-pelan akan melatih kita lebih berkonsentrasi. Ketika sedang makan, pikiran kita hanya tertuju pada makanan.

Pola hidup sehat

Dalam skala lebih luas, kebiasaan makan pelan-pelan akan mengondisikan kita untuk menjalani pola hidup sehat. Karena makan pelan-pelan membutuhkan waktu lebih lama, kita pun akan terprogram untuk berdisiplin. Misalnya mengerjakan tugas dan pekerjaan dengan baik sebelum waktu makan datang, sehingga ketika makan bisa menikmati makanan dengan lebih baik, karena tidak sedang terburu-buru.