Cara Membalas E-Mail dan Membuat Catatan di PDA

 Cara Membalas E-Mail dan Membuat Catatan di PDA

BIBLIOTIKA - Bagaimanakah cara membalas e-mail atau membuat catatan-catatan kecil di PDA? Setidaknya ada tiga cara untuk menuliskan huruf atau angka di PDA. Cara pertama adalah dengan menggunakan soft keyboard, yaitu tampilan keyboard kecil di PDA yang bisa dimunculkan ketika dibutuhkan.

Dengan menggunakan stylus atau pena kecil yang berujung runcing (pena khusus untuk PDA), kita dapat menyentuh setiap huruf pada soft-keyboard. Kalau tidak terbiasa, cara ini memang akan sedikit makan waktu.

Cara kedua adalah dengan menggunakan program mengenal karakter. Ada sedikit perbedaan antara Palm dan Pocket PC dalam hal ini. Pada Palm, ada bidang khusus untuk menuliskan huruf, tanda baca, atau angka, yaitu di bagian bawah layar. Palm menggunakan program Graffiti, yaitu kita menuliskan huruf atau angka satu persatu. Huruf-huruf yang dikenali Graffiti mirip dengan huruf kapital biasa, kecuali pada beberapa huruf yang agak beda.

Palm menyertakan tabel Graffiti ini pada manualnya. Untuk hal ini, kita memang perlu membiasakan diri terlebih dulu untuk menggunakannya dan menghafalkan alfabet Graffiti terlebih dulu.

Sementara pada Pocket PC, ada beberapa program pengenal karakter. Salah satunya adalah Transcriber yang ada di CD ROM yang disertakan bersama Ipaq dan Casio. Dengan program ini, maka kita tidak perlu menghafalkan karakter-katrakter seperti pada program Graffiti di atas, tetapi kita bisa menuliskan huruf atau angka seperti biasa, tetapi terlebih dulu kita perlu mempelajari program ini.

Cara lain dalam hal penulisan karakter adalah dengan menggunakan keyboard. Beberapa perusahaan seperti Palm sendiri dan Targus membuat keyboard khusus untuk PDA. Keyboard ini bisa dilipat sehingga sebesar PDA-nya sendiri. Ukuran keyboard normal dan di bagian tengahnya ada tempat untuk mencancapkan PDA. Sebelumnya, keyboard hanya tersedia untuk Palm, namun kemudian perusahaan Targus juga mengeluarkan produk untuk Pocket PC.

PDA memang lebih sebagai pelengkap komputer desktop atau notebook. Ketika kita merasa keberatan membawa notebook, maka PDA bisa menjadi teman yang setia, baik sebagai sumber informasi ataupun sebagai piranti dan sarana hiburan. Selain itu, apabila kita sudah merasa tergantung dengan e-mail atau internet, maka beberapa PDA juga menyediakan pilihan modem wireless.

PDA masih relatif mahal saat ini, terutama kalau menggunakan kurs mata uang rupiah. Namun, di masa-masa mendatang, bisa saja harganya akan terus menurun sebagaimana yang telah terjadi pada perangkat handphone pada umumnya.