Cara Melakukan Overclocking pada Pocket PC

Cara Melakukan Overclocking pada Pocket PC

BIBLIOTIKA - Meskipun perangkat Pocket PC merupakan piranti yang canggih, namun tidak semua pemilik Pocket PC merasa puas dengan kinerja perangkat yang dimilikinya. Ketidakpuasan itu bisa pada kecepatan akses dan loading aplikasinya yang lambat, atau pada kemampuannya dalam memainkan video dan MP3 yang dirasa kurang bagus.

Nah, kinerja Pocket PC, terutama pada kecepatan CPU atau prosesornya, dapat ditingkatkan melalui cara overclocking. Overclocking merupakan suatu proses untuk menjalankan prosesor Pocket PC dengan tujuan agar dapat bekerja di atas kecepatan default atau rata-rata yang melampaui spesifikasi pabrikannya. Misalnya, jika CPU pada Pocket PC Anda memiliki speed default 316 Mhz, maka dengan proses overclocking ini Anda akan dapat meningkatkannya menjadi 400 Mhz.

Berikut ini adalah beberapa tool sekaligus langkah-langkah singkat untuk dapat melakukan overclocking. Jika Anda berminat, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Namun perlu diingat, bahwa proses ini bisa dibilang memiliki risiko yang tinggi. Overclock yang berlebihan akan dapat menyebabkan Pocket PC menjadi hang atau bahkan rusak sama sekali. Jadi, sebaiknya gunakan tips ini secara bijak.

Overclocking dengan XCPUScalar

XCPUScalar adalah salah satu software yang disarankan oleh para overclocker Pocket PC. Selain mudah dioperasikan, fasilitas ini juga cukup lengkap dan mudah untuk dimengerti. Meskipun tidak seratus persen gratis, namun Anda akan sudah dapat menaikkan speed atau kecepatan CPU Anda dengan versi gratisan atau versi trialnya. Anda bisa mendapatkan softwarenya di alamat berikut: http://www.immiersoft.com/download.htm.

Setelah software terinstal, maka akan muncul ikon di menu program. Tekan menu tersebut untuk mengakses aplikasi ini. Sebelumnya Anda juga harus mengetahui kecepatan procesor dari Pocket PC Anda. Setelah itu, Anda dapat menambah kecepatannya dengan menekan tab speed dan menggeser slider dari arah slower ke arah faster. Geser sedikit, dan kemudian tekan OK.

Apabila Pocket PC Anda berjalan stabil dan tidak mengalami gangguan, maka lakukan kembali penambahan speed dengan sedikit menggeser slider ke arah kanan, kemudian tekan tombol OK. Lakukan hal ini hingga kecepatan Pocket PC Anda dirasa cukup memadai dan sistem Pocket PC Anda masih stabil.

Untuk melakukan pembatalan setting, caranya adalah dengan masuk ke menu File, lalu klik Cancel. Untuk mengetahui tingkat kestabilan sistem, Anda dapat mengakses tab meters. Di sana terdapat menu CPU meter, battery life, memory storage dan memory program.

Untuk mengetahui load kerja CPU, fokuskan pada menu CPU meter. Sedang untuk pengaturan lebih lanjut, Anda bisa masuk ke menu Advanced Speed Setting. Di situ Anda akan mendapatkan pilihan seberapa penuh kecepatan CPU yang akan Anda gunakan.

Apabila Anda masih merasa penasaran dan ingin meningkatkan kecepatan prosesor Pocket PC Anda hingga di atas kecepatan 500 Mhz, maka perlu diingat bahwa meningkatkan speed di atas 500 Mhz cukup beresiko besar, dan belum tentu akan berhasil dilakukan pada Pocket PC Anda.

Overclocking dengan Pocket Hack Master

Selain aplikasi di atas, Pocket Hack Master juga banyak disarankan oleh para overclocker Pocket PC. Anda dapat mendownload versi trial softwarenya di http://www.antontomov.com/.

Untuk menentukan seberapa jauh Anda bisa meningkatkan prosesor Pocket PC Anda, maka ada baiknya Anda melakukan test terlebih dahulu. Caranya adalah dengan masuk ke menu Speed Configuration. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki Pocket PC dengan kecepatan CPU 300 Mhz, maka Anda bisa memilih untuk melakukan test mulai dari 308 Mhz hingga 3-4 speed di atasnya. Caranya adalah dengan menekan tombol ‘test’ dan uji coba pun akan segera dimulai.

Apabila uji coba ini berhasil, maka lakukan test kembali hingga Anda mencapai kecepatan tertinggi. Selanjutnya, Anda dapat menetapkan tingkat kecepatan yang Anda inginkan melalui menu ‘set device speed’. Nah,  jika Anda ingin mengetahui stabilitas kinerja Pocket PC Anda setelah melakukan overclocking, pilih saja menu ‘CPU load monitor’.

Setelah melakukan overclock, Anda dapat melakukan proses benchmarking atau pengukuran kinerja. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi ‘spb benchmark’. Lakukan benchmark sebelum dan sesudah proses overclocking dan coba bandingkan hasilnya.