Cara-cara Kawin Hewan yang Aneh dan Unik (3)

 Cara-cara Kawin Hewan yang Aneh dan Unik

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Cara-cara Kawin Hewan yang Aneh dan Unik 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Gajah

Meski merupakan hewan besar, gajah adalah hewan yang lembut, khususnya kepada sesamanya. Ketika akan mengajak betina untuk kawin, gajah jantan kadang melakukan upaya pendekatan hingga sebulan lebih. Biasanya, selama upaya pendekatan tersebut, gajah jantan akan sering membawakan makanan atau air untuk gajah betina, sebagai upaya untuk mendapatkan simpatinya. Jika gajah betina memberikan “lampu hijau” maka mereka pun kemudian kawin.

Wrasse

Wrasse adalah ikan pembersih, yang biasa kita lihat di akuarium-akuarium. Ikan ini memiliki penampilan yang tidak indah, dan biasanya hanya menempel di kaca. Dipercaya ikan ini akan membersihkan lumut di kaca akuarium, sehingga akuarium pun selalu dalam keadaan bersih.

Yang menarik dari ikan ini adalah dalam acara kawinnya. Hewan ini termasuk biseksual, dalam arti bisa melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis atau lawan jenis. Selain itu, ikan ini juga dapat berganti kelamin hanya dalam beberapa jam.

Jika seekor jantan bertemu jantan lainnya, salah satu dari mereka dapat mengubah kelaminnya dalam beberapa jam, lalu mereka pun akan kawin sebagai jantan dan betina. Begitu pula, ketika seekor ikan betina bertemu betina lainnya, salah satu dari mereka juga bisa mengubah kelaminnya menjadi jantan, dan mereka pun kawin sebagai pasangan.

Tapeworm

Tapeworm adalah cacing yang unik, karena memiliki banyak alat kelamin. Bahkan, diperkirakan cacing ini menjadi hewan dengan jumlah alat kelamin terbanyak. Tapeworm memiliki satu set alat kelamin, jantan dan betina, pada setiap segmen tubuhnya. Itu artinya jumlah alat kelamin seekor tapeworm bisa berjumlah puluhan atau bahkan ratusan. Ketika kawin, masing-masing alat kelamin pada setiap segmen cacing itu akan saling berpasangan, dan masing-masingnya akan menghasilkan telurnya masing-masing.

Tapeworm yang paling besar yang pernah ditemukan memiliki panjang hingga 70 meter, dan memiliki 11.000 segmen pada tubuhnya. Itu artinya, cacing tersebut memiliki 22.000 pasang alat kelamin!

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA untuk Anda.
Untuk mendapatkan, klik di sini.

Tikus gurun

Tikus gurun tidak berbeda jauh dengan tikus-tikus yang biasa kita lihat. Yang membuatnya unik, tikus gurun dapat melakukan aktivitas seks hingga 120 kali dalam waktu 1 jam. Dipercaya, tikus ini merupakan hewan dengan nafsu seks paling besar di dunia.

Eubalena glacialis

Eubalena glacialis adalah spesies paus yang dianggap sebagai hewan pemilik organ seks terbesar. Penis paus jantan memiliki panjang yang mencapai 10 kaki atau 3,048 meter, berdiameter sekitar 0,3 meter, dengan testis besar yang beratnya mencapai 998 kilogram. Inilah hewan dengan organ seks paling besar di dunia.

Di lautan, acara perkawinan paus ini merupakan pesta yang semarak, karena biasanya kedalaman laut akan menjadi “ramai” ketika sepasang jantan dan betina sedang kawin.

Tasmanian devil

Tasmanian devil atau setan Tasmania adalah hewan mirip harimau dengan tubuh dihiasi corak belang, namun kepalanya lebih mirip serigala. Seperti namanya, hewan ini banyak terdapat di Tasmania.

Ketika akan kawin, sepasang jantan dan betina akan saling menjerit, dan jeritan mereka sangat keras, hingga dipercaya dapat memcahkan kaca yang kebetulan ada di dekat mereka. Selain itu, mereka juga seperti sepasang hewan yang sedang mengamuk ketika akan melangsungkan perkawinan. Si betina akan mengamuk dan melemparkan apa saja yang dapat dijangkaunya, termasuk calon pasangannya!

Biasanya, acara perkawinan mereka berlangsung selama tiga hari. Ketika si betina telah merasa puas, ia akan menendang si jantan untuk pergi menjauh.

Baca lanjutannya: Cara-cara Kawin Hewan yang Aneh dan Unik (4)