Cara Alami Mengatasi Batuk pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Cara Alami Mengatasi Batuk pada Orang Dewasa dan Anak-anak

BIBLIOTIKA - Secara medis, batuk adalah suatu gerakan tubuh yang bersifat reflek atau reaksi otomatis dari tubuh yang bertujuan untuk melindungi paru-paru. Apabila ada suatu benda atau zat asing selain udara (misalnya debu, asap, atau cairan makanan yang masuk secara tidak sengaja) yang masuk ke dalam tubuh atau suatu rangsangan yang menyebabkan terganggunya saluran pernapasan, maka tubuh pun secara otomatis akan melakukan batuk (yang ditunjukkan oleh mulut) untuk mengeluarkan atau menghilangkan benda atau zat asing (yang menyebabkan batuk) tersebut.

Selain hal di atas, batuk juga dapat disebabkan karena adanya penyempitan saluran pernapasan semisal asma, atau karena produksi dahak yang berlebihan pada tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi, semisal flu, bronkhitis dan penyakit paru-paru lainnya (semisal TBC atau kanker paru-paru).

Pada umumnya, batuk juga disertai dengan adanya infeksi pernapasan pada bagian atas yang ditandai dengan adanya flu atau pilek, dimana cairan hidung dan dahak akan merangsang saluran pernapasan.

Batuk dapat ditandai dengan gejala yang mungkin disertai dengan pengeluaran dahak, tenggorokan yang terasa sakit dan gatal, atau juga sakit otot pada perut—khususnya apabila batuk terjadi secara terus-menerus.

Penyakit batuk-batuk yang menyerang orang dewasa bisa diatasi dengan madu yang dicampurkan dengan kencur, kapulogo, dan jeruk nipis.

Caranya, gunakan kencur yang memiliki ukuran sekitar 1 sampai 2 centimeter, parut, kemudian diperas. Setelah itu, campurkan dengan perasan air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan dan madu sebanyak 1 sendok makan. Campuran ramuan ini dapat dikonsumsi pada waktu kapan pun.

Untuk menunjang ramuan tersebut, diperlukan ramuan penunjang atau pelengkap berupa rebusan air kapulogo. Cara membuatnya, gunakan 5 atau 6 buah kapulogo yang telah dimemarkan, kemudian campurkan dengan 1 gelas air dan rebuslah di atas kompor dan biarkan mendidih.

Apabila air rebusannya telah tinggal separuh (telah menjadi hanya setengah gelas), angkat dan kemudian bubuhkan madu sebanyak 1 sendok teh. Nah, minumlah ramuan penunjang ini pada waktu malam hari sebelum tidur.

Batuk atau pilek pada anak-anak

Anak-anak selalu rentan dengan dua penyakit ini; batuk dan pilek. Jika anak Anda kebetulan juga mengalami penyakit yang ‘khas’ ini, gunakan saja ramuan madu yang dicampur dengan jahe, kencur dan jeruk nipis untuk mengatasinya.

Cara membuatnya, ambillah kencur dan jahe sepanjang 1 centimeter saja, kemudian dimemarkan. Setelah itu, rebuslah kencur dan jahe tersebut dalam air sebanyak 1 gelas. Biarkan sampai airnya mendidih. Apabila air rebusannya telah tinggal separuh, masukkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 1 sendok makan madu ke dalamnya. Setelah itu diangkat, lalu disaring, kemudian tunggu hingga air ramuan tersebut agak mendingin.

Minumkan air ramuan tersebut pada anak yang terserang batuk atau pilek, pada waktu malam hari sebelum tidur. Jika ingin rasa ramuannya tidak terlalu seperti ‘jamu’, dapat ditambahkan dengan sedikit gula putih.