Bila Handphone Terendam Air, Lakukan Hal Ini

Bila Handphone Terendam Air, Lakukan Hal Ini

BIBLIOTIKA - Salah satu hal yang banyak ditakuti oleh orang-orang yang memegang perangkat handphone adalah kalau sampai perangkatnya itu terkena air, apalagi kalau sampai tercebur dan tenggelam ke dalam air. Orang yang paling awam sekalipun dapat membayangkan apa yang akan terjadi jika handphone sampai terendam ke dalam air.

Nah, apa yang harus dilakukan jika hal semacam itu benar-benar terjadi pada diri Anda? Apa yang harus Anda lakukan jika perangkat handphone kesayangan Anda sampai terendam di air? Tak perlu buru-buru panik apalagi sampai langsung berkeinginan berganti handphone yang baru. Tips berikut ini akan dapat digunakan untuk menyelamatkan handphone Anda.

Lepaskan baterai handphone

Yang pertama, jika handphone Anda terendam air, maka lepaskanlah baterai handphone dari tempatnya. Jangan langsung mengaktifkan atau menghidupkan handphone dalam keadaan basah.

Baterai handphone sangat rentan dengan air, karena hal itu dapat membuat arus pendek listrik yang bisa mengakibatkan korsleting. Karenanya, begitu terendam air, sesegera mungkin lepaskanlah baterai handphone dari tempatnya agar hal-hal yang lebih gawat tidak terjadi.

Lepaskan casing handphone

Apabila handphone Anda memungkinkan untuk dibuka semua bagian casingnya, maka lepaskanlah semua casingnya. Namun jika tidak, cukup lepaskan casing bagian belakang atau bagian baterainya. Yang penting, usahakan agar air tidak sampai mengendap terlalu lama di dalam handphone. Usahakan pula agar pesawat handphone segera menjadi kering kembali.

Lepaskan kartu SIM


Lepaskan kartu SIM dan bersihkan secepatnya hingga kering dengan menggunakan kain yang lembut atau kertas tisu. Setelah kartu SIM dapat dikeringkan, gunakan kain atau kertas tisu untuk juga membersihkan dan mengeringkan bagian-bagian handphone yang masih basah oleh air. Seraplah air sebanyak-banyaknya dari handphone agar dapat kering secepat mungkin.

Keringkan dengan alat bantu

Karena kita tidak mungkin menjemur perangkat handphone di bawah terik matahari, kita bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan alat bantu untuk dapat segera mengeringkannya kembali, yakni dengan menggunakan kipas angin atau hair dryer. Jika Anda menggunakan hair dryer, usahakan jangan terlalu dekat karena panas dari hair dryer dapat merusakkan komponen handphone.

Tunggu sampai benar-benar kering

Setelah semua usaha pengeringan handphone telah dilakukan, maka yang perlu dilakukan kemudian adalah menunggu handphone tersebut benar-benar menjadi kering kembali. Untuk itu, Anda bisa menunggunya sampai dua atau tiga hari semenjak pertama kali handphone terendam air.

Setelah handphone benar-benar dalam kondisi kering dan tidak lagi menyimpan air di dalamnya, maka Anda sudah mulai bisa mencoba menggunakannya kembali. Pasanglah kembali bagian-bagian yang telah dilepaskan semisal baterai dan casingnya, lalu cobalah nyalakan.

Jika tidak menyala, cobalah isi baterai Anda (di-charge). Jika baterai sudah di-charge tapi tetap saja tidak mau menyala, maka itu berarti ada masalah yang perlu diperbaiki. Silakan hubungi tempat servis.