Beragam Manfaat Minum Air Putih Hangat

 Beragam Manfaat Minum Air Putih Hangat

BIBLIOTIKA - Kita disarankan untuk rajin minum air putih, setidaknya 8 gelas setiap hari. Tujuan utama meminum air adalah untuk menjaga tubuh agar selalu terhidrasi (tidak mengalami kekurangan cairan). Air juga membantu membersihkan racun atau kotoran di dalam tubuh kita. Kenyataannya, sebagian besar tubuh kita memang terdiri dari air. Karena begitu pentingnya air, orang bahkan masih bisa bertahan hidup lebih lama tanpa makan daripada tanpa minum.

Bagaimana Anda biasanya minum air? Dalam keadaan adem, dingin, atau hangat? Mungkin meminum air putih adem atau dingin sudah biasa. Namun, jika Anda mau membiasakan meminum air putih dalam keadaan hangat, Anda akan memperoleh manfaat berlebih. Berikut ini di antaranya.

Merangsang pergerakan usus

Meminum air putih hangat pada pagi hari memberikan banyak manfaat bagi pencernaan, terutama untuk pergerakan usus. Air putih hangat juga membantu menyerap nutrisi secara maksimal dari makanan yang dikonsumsi. Hal itu sangat bagus, khususnya bagi mereka yang sering menderita sembelit.

Dapat membersihkan tubuh

Air hangat memiliki peran besar dalam membersihkan tubuh kita. Tidak hanya kotoran yang ada di bagian luar, tapi juga di bagian dalam. Mandi sauna, misalnya, menggunakan air hangat, dan air hangat itu membantu mengeluarkan racun-racun dari tubuh kita. Begitu pula meminum air hangat. Mengonsumsi air putih hangat membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh kita.

Nyaman untuk tenggorokan

Tidak semua orang bisa nyaman menikmati kesegaran air putih dingin. Bagi sebagian orang, meminum air putih dingin bisa memunculkan rasa sakit tiba-tiba dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Jika Anda juga mengalami hal semacam itu, Anda bisa memilih air putih hangat, karena lebih nyaman untuk tenggorokan Anda.

Membantu menenangkan pikiran

Tidak hanya membantu tubuh secara fisik, mengonsumsi air putih hangat juga diketahui memberi manfaat secara psikologis, yaitu memberi perasaan tenang dan nyaman. Untuk mendapatkan efek tersebut, Anda hanya perlu meminum air putih hangat perlahan-lahan. Air putih hangat yang masuk ke tubuh Anda akan menjalarkan hawa hangat ke seluruh tubuh, dan membantu tubuh lebih rileks.