Aturan Sehat Seputar Makan yang Perlu Dipatuhi

 Aturan Sehat Seputar Makan yang Perlu Dipatuhi

BIBLIOTIKA - Untuk dapat bekerja dan beraktivitas dengan baik, kita membutuhkan energi. Energi hanya dapat terwujud dari tubuh yang sehat dan kuat. Tubuh yang sehat dan kuat disokong oleh makanan yang dikonsumsi. Namun, makan saja tidak cukup, karena kita juga harus memilih makanan-makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik, sehingga tubuh selalu sehat dan terhindar dari serangan penyakit. Selain itu, tiga aturan penting berikut ini juga perlu dipatuhi.

Makan pagi

Makan pagi atau sarapan adalah makan pertama yang dilakukan dalam sehari. Banyak orang yang kadang malas sarapan, dan menggantinya dengan ngemil hingga datang waktu makan siang. Padahal, sarapan sangat penting, bahkan banyak penelitian yang menyatakan bahwa sering melewatkan sarapan bisa memicu obesitas, diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung.

Makanan yang terbaik untuk dikonsumsi saat makan pagi adalah makanan-makanan yang mengandung protein dan serat. Kedua zat tersebut bersifat mengenyangkan, dan mampu memberikan energi sampai siang.

Makan siang

Saat datang waktu makan siang, sebaiknya segera penuhi kebutuhan tubuh untuk makan. Karena aktivitas yang masih banyak, orang kadang menunda-nunda makan siang hingga sore hari. Jika hal semacam itu dibiasakan, tubuh akan berisiko terkena penyakit maag. Karenanya, jauh lebih baik menunda pekerjaan untuk makan siang daripada menunda makan siang namun rentan kena penyakit.

Karena perut sangat lapar, bisa jadi Anda makan siang dalam porsi besar. Tidak masalah, karena kenyataannya setelah makan siang Anda masih membutuhkan energi untuk melanjutkan pekerjaan dan aktivitas sampai sore. Bahkan, penelitian membuktikan bahwa makan siang dalam porsi besar dapat menurunkan berat badan. Karena efek kenyang setelah makan siang akan menjauhkan Anda dari ngemil.

Makan malam

Anda bisa makan malam dalam porsi sedikit. Meski dalam porsi kecil, makan malam jauh lebih baik daripada ngemil. Waktu makan malam terbaik setidaknya adalah dua sampai tiga jam sebelum tidur atau sebelum membaringkan tubuh di atas tempat tidur. Dengan kata lain, jangan langsung tidur begitu selesai makan malam, karena itu akan memberatkan pencernaan.

Selain itu, pilihlah makanan yang sifatnya ringan dan mudah dicerna, bukan serat atau protein yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh.