Apa yang Disebut Teknologi Tepat Guna?

 Apa yang Disebut Teknologi Tepat Guna?

BIBLIOTIKA - Teknologi Tepat Guna adalah teknologi yang sesuai dan bermanfaat dalam menggarap semua faktor produksi yang tersedia. Misalnya, bagi kebanyakan negara berkembang, teknologi tepat guna adalah teknologi yang lebih banyak menggunakan tenaga kerja daripada faktor-faktor produksi lain, misalnya modal. Hal itu dikarenakan tenaga kerja sangat berlimpah di banyak negara berkembang, sedangkan modal relatif langka.

Selain Teknologi Tepat Guna, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Hasil Jatuh Tempo

Ukuran tingkat penghasilan dari suatu obligasi selama jangka waktu berlakunya (yield to maturity). 

Hasil Penjualan Tahunan


Hasil penjualan bersih (netto) yang berasal dari penjualan barang dan jasa, dari usaha dalam satu tahun buku.

Hasil Tahunan

Pengembalian tahunan dari suatu investasi (annual return).

HDI

Singkatan Human Development Index, atau Indeks Pembangunan Manusia. Yaitu sebuah indeks yang mencoba mengukur tingkat kemajuan pembangunan sosial dan ekonomi nasional di suatu negara, yang antara lain berdasarkan pada tolak ukur usia harapan hidup, tingkat pencapaian, pendidikan, dan tingkat pendataan per kapita riil yang telah diperhitungkan terhadap daya beli mata uang lokal.

Hedging


Menutup risiko nilai tukar.

Hibah

Sejumlah uang atau barang yang diberikan atau dihibahkan kepada koperasi atau badan hukum oleh pihak ketiga, instansi, perorangan, atau badan usaha yang tidak mengikat.

Hiburan

Segala bentuk penyajian/pertunjukan dalam bidang seni dan olah raga yang semata-mata bertujuan untuk memberikan rasa senang kepada pengunjung dengan mendapatkan imbalan jasa.

Higiene

Kondisi mutu tempat atau objek yang memenuhi persyaratan kesehatan.

Hipotek

Penyerahan secara tertulis mengenai hak atas harta benda tak bergerak, untuk menjamin pembayaran suatu utang dengan ketentuan bahwa penyerahan itu akan dibatalkan pada waktu pembayaran (mortgage); pinjaman jangka panjang dari seorang kreditor yang menjanjikan real estate sebagai jaminan.

Hipotek Endomen

Perjanjian tentang pemberian jaminan (endowment mortgage).

Hipotek Saksama


Hak tanggungan atas barang tidak bergerak, dengan barang jaminan tetap dimiliki dan dikuasai debitur atas saling percaya dari kedua pihak (memorandum pembebanan tanpa akta) atau equitable mortgage. 

Hotel

Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan, minum, serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial, serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan.

HPS

Singkatan Harga Pedoman Setempat. Yaitu harga suatu barang yang ditetapkan pemerintah cq. Departemen Perdagangan, dan didasarkan atas perkiraan biaya yang dikeluarkan sejak dari pabrik sampai ke pelabuhan bongkar di setiap provinsi, ditambah ongkos-ongkos angkutan dan ongkos lainnya yang wajar di luar pelabuhan.

Fungsi HPS adalah sebagai pedoman untuk mengetahui kelancaran arus pengadaan dan penyaluran barang. Bila harga pasar terlalu tinggi atau sudah di atas HPS, berarti terjadi hambatan dalam pengadaan dan penyaluran, sehingga pemerintah dapat mengambil tindakan untuk mengatasinya.

ICOR


Singkatan Incremental Capital-Output Ratio, atau Rasio Kenaikan Modal per Output. Yaitu jumlah modal yang diperlukan dalam rangka meningkatkan output sebanyak satu unit.

IDA

Singkatan International Development Association, atau Bantuan Pembangunan Internasional. Yaitu badan internasional yang didirikan pada tahun 1960, yang bertujuan membantu Bank Dunia dalam upaya meningkatkan pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang, dengan cara menyediakan modal tambahan berbunga rendah, khususnya bagi negara-negara berkembang yang paling miskin dan yang paling terkebelakang.

IFC

Singkatan International Finance Corporation, atau Lembaga Kerjasama Keuangan Internasional. Yaitu sebuah organisasi atau lembaga keuangan internasional yang didirikan pada tahun 1956 untuk melengkapi usaha-usaha Bank Dunia dalam menyediakan modal pembangunan bagi perusahaan-perusahaan swasta (terutama yang bergerak di sektor-sektor industri) di negara-negara berkembang.

Ijab Qabul


Ijab berarti pernyataan melakukan ikatan, dan Qabul berarti pernyataan penerimaan ikatan. Istilah ini biasa digunakan dalam akad bank syariah.