Apa yang Disebut Royalti?

 Apa yang Disebut Royalti?

BIBLIOTIKA - Royalti adalah imbalan atau uang jasa yang dibayarkan kepada pemilik sehubungan dengan pemakaian harta atau hak atau sumber daya yang dimiliki. Sebagai contoh, seorang penemu dapat memperoleh royalti apabila penemuannya diproduksi dan dipasarkan. Seorang pengarang dapat memperoleh royalti setelah buku yang ditulisnya laku terjual.

Pemilik lahan yang menyewakan hak miliknya kepada sebuah perusahaan minyak atau penambangan dapat memperoleh royalti berdasarkan jumlah minyak atau mineral yang berhasil dieksploitasi dari lahan mereka. Royalti ditetapkan di muka sebagai persentase pendapatan yang diperoleh dari kegiatan mengkomersialisasikan harta atau hak milik seseorang.

Selain Royalti, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Risiko Pasar

Risiko sekuritas atau harta lain karena tidak dapat dijual atau digadaikan dengan harga yang pantas pada saat pemiliknya membutuhkan uang (market risk).

Risywah-Sogokan

Suatu pemberian yang diberikan kepada seseorang/badan untuk membatalkan sesuatu yang hak (benar) atau membenarkan yang batil (salah). Atau merupakan suatu pemberian yang menjadi alat bujukan/suap/pelicin untuk mencapai tujuan tertentu.

ROA

Singkatan Return on Asset. Yaitu perbandingan antara sisa hasil usaha sebelum pajak yang diperoleh dengan kekayaan yang dimiliki koperasi. ROA di koperasi dihitung dengan rumus ROA = (SHU/Aset) x 100%.

RUPS

Singkatan Rapat Umum Pemegang Saham. Yaitu organ perseroan yang memegang kekuasaan tertinggi dalam perseroan, dan memegang segala wewenang yang tidak diserahkan kepada Direksi atau Komisaris.

Sadar Wisata

Pemahaman dan penghayatan masyarakat luas terhadap peranan pariwisata, sehingga secara sadar merasa bertanggung jawab untuk berperan serta secara aktif dalam meningkatkan pembangunan Pariwisata Nasional.

Saham

Pemilikan bagian modal perseroan terbatas yang memberikan berbagai hak menurut ketentuan anggaran dasar.

Tabel Rafaksi

Suatu tabel penetapan varian harga pembelian komoditas tertentu, yang didasarkan pada mutu komoditas bersangkutan, yang diukur atas dasar perbedaan kadar kotoran, kadar air, dan lain sebagainya. Komoditas-komoditas yang memiliki/menggunakan rafaksi dalam praktik perdagangan antara lain cengkeh, gabah, beras, kedelai, dan kopi.

Tabungan

1) Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu;

2) Merupakan bagian dari pendapatan disposabel (disposable income) yang tidak dibelanjakan oleh rumah tangga; ditambah dengan keuntungan perusahaan yang tidak dibagikan sebagai deviden. Tabungan biasanya dianggap memiliki hubungan yang positif dengan tingkat pendapatan (individual maupun nasional).

Tambahan Ganti Rugi

Uang yang diberikan oleh salah satu pihak dalam suatu tawar-menawar tambahan ganti rugi (boot money). 

Tanda Tangan Pendamping

Tanda tangan yang perlu dibubuhkan di samping tanda tangan lain yang sudah ada pada suatu dokumen, agar dokumen memenuhi syarat untuk dianggap sah (countersign). 

Tanggung Renteng

Tanggung jawab bersama di antara anggota atau di suatu kelompok, atas segala kewajiban mereka terhadap koperasi, dengan berdasarkan keterbukaan dan saling mempercayai.

Taraf Hidup

Suatu keadaan tertentu dimana seseorang, suatu keluarga, atau sekelompok orang, dapat mencukupi segala kebutuhan material dan spiritual. Apabila mereka hanya mampu memenuhi pangan, papan, dan sandang dalam batas-batas minimum, maka taraf hidup mereka terbilang sangat rendah.

Sebaliknya, apabila mereka dapat menikmati kecukupan pangan, papan, dan sandang, dan aspek-aspek hidup lain yang tidak kalah penting dan lebih beraneka seperti kecukupan kesehatan, pendidikan, waktu luang untuk berekreasi dan sebagainya, maka mereka dikatakan telah menikmati taraf hidup yang relatif tinggi.

Tarif

Pajak dalam presentase yang tetap (misalnya 30 persen) atas nilai komoditas atau produk-produk yang diimpor, serta langsung dipungut di tempat-tempat masuknya produk impor tersebut.