Apa yang Disebut Resesi?

 Apa yang Disebut Resesi?

BIBLIOTIKA - Resesi adalah suatu kurun waktu berkurangnya aktivitas ekonomi pada umumnya secara drastis seperti tercermin dari melonjaknya pengangguran secara tajam, dan mulai berlebihnya kapasitas produksi di berbagai insdustri (karena tidak terpakai akibat kelangkaan dana atau faktor produksi lainnya, atau menciutnya pasar).

Selain Resesi, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Obligasi

Surat utang yang berjangka waktu lebih dari satu tahun dan bersuku bunga tertentu, yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menarik dana dari masyarakat, guna pembiayaan perusahaan atau pemerintah untuk keperluan anggaran belanjanya (debenture bond). 

Obligasi Abadi

Obligasi yang tidak mempunyai hari tunai, tidak dapat diuangkan, dan hanya menghasilkan bunga terus menerus (annuity bond). 

Obligasi Atas Unjuk

Obligasi yang pelunasannya dilakukan kepada pembawanya (bearer bond). 

Obligasi Berseri

Obligasi yang diterbitkan pada waktu yang sama, tetapi dengan hari tunai dan bunga yang berbeda (serial bond). 

Obligasi Bunga Meningkat

Obligasi dengan bunga nominal yang berubah secara bertahap (escalator bonds).

Obligasi Euro

Obligasi yang dikeluarkan oleh suatu lembaga, perusahaan, atau negara, yang diperjualbelikan di Eropa (euro-bond). 

Obligasi Kekayaan

Harta benda yang berupa obligasi milik pribadi (property bond).

Obligasi Niragun


Obligasi yang tidak dijamin dengan harta tertentu, tetapi dikeluarkan atas dasar kepercayaan umum terhadap perusahaan atau perorangan (debenture). 

Obligasi Pecahan

Obligasi yang dikeluarkan oleh negara asing atau perusahaan yang hampir dilikuidasi (busted bonds). 

Obligasi Pendapatan

Obligasi yang bunganya dibayar jika perusahaan bersangkutan memperoleh laba, dan bunga tersebut lazim dibayar mendahului pembayaran dividen kepada pemegang saham (income bond). 

Obligasi Tunda Bunga

Obligasi yang suku bunganya naik secara bertahap sampai tingkat bunga tertentu, atau yang pembayaran bunganya ditunda sampai kemampuan perusahaan memungkinkan (deferred bond). 

ODA

Singkatan Official Development Assistance. Yaitu; 1) Lembaga internasional independen yang mengelola fasilitas yang diberikan negara maju atau lembaga internasional lain dalam bentuk bantuan keuangan, ekonomi atau tekhnik, kepada negara berkembang. ODA merupakan konsesi bagi negara berkembang, bila seluruh atau sebagian dari bantuan yang diberikan berbentuk grant dan pinjaman lunak, atau merupakan pinjaman dengan tingkat bunga yang jauh lebih rendah dibandingkan tingkat bunga yang berlaku di pasar;

2) Bantuan Pembangunan Resmi; pemberian pinjaman dan hibah netto dengan syarat-syarat lunak oleh badan-badan resmi anggota Komite Bantuan Pembangunan (Development Assistance Committee) yang merupakan bagian dari organisasi bagi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD, Organization for Economic Cooperation and Development), serta bantuan dari para anggota Organisasi Negara-negara Pengekpor Minyak (OPEC, Organization of Petroleum Exporting Countries) dengan tujuan untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan penduduk di negara-negara penerima.

OECD

Singkatan Organization for Economic Cooperation and Development atau Organisasi bagi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi. Yaitu sebuah organisasi yang terdiri dari dua puluh negara-negara industri maju, termasuk Jepang, serta semua negara dari Eropa Barat dan Amerika Utara. Tujuan utamanya adalah untuk membantu pertumbuhan ekonomi negara-negara anggota melalui peningkatan kerja sama dan analisis teknik mengenai berbagai kecenderungan ekonomi, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Operasi Pasar Terbuka

Usaha bank sentral dalam pembelian dan penjualan efek di pasar uang, dengan maksud membatasi atau menambah volume kredit di tangan bank-bank dan masyarakat, atau akan mengubah tingkat bunga yang berlaku (open market operation). 

Opsi

Perjanjian tertulis yang menyebutkan kebebasan memiliki unsur menjual sesuatu sebelum atau sesudah tanggal dan jangka waktu yang ditetapkan.

Organ Perseroan

Rapat Umum Pemegang Saham, Direksi, dan Komisaris.

Organisasi Lini

Struktur organisasi sederhana yang tiap orang melapor pada satu supervisor.