Apa yang Disebut Operasi Pasar?

 Apa yang Disebut Operasi Pasar?

BIBLIOTIKA - Operasi Pasar adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah atau kerja sama pemerintah dengan lembaga usaha, untuk menghindari terjadinya kenaikan harga suatu barang, yang dilakukan dengan cara droping atau injeksi, untuk meningkatkan suplai melalui pedagang swasta, BUMN, atau langsung ke pedagang eceran pada waktu harga meningkat.

Dalam arti yang lebih luas, operasi pasar berfungsi untuk meredam gejolak harga, dengan melakukan penjualan pada saat harga pasar naik dan melakukan pembelian pada saat harga menurun. Operasi pasar terutama dilakukan terhadap barang yang mempunyai nilai strategis, seperti beras dan semen. Tindakan ini biasanya dilakukan pada waktu gejala kekosongan suplai barang mulai terlihat, dan disebut sebagai tindakan preventif, atau dapat juga dilakukan pada waktu terjadinya kenaikan harga, yang merupakan upaya untuk menstabilkan harga barang, dan disebut tindakan represif.

Operasi pasar pada dasarnya ditujukan untuk menjaga/mempertahankan harga pada tingkat yang direncanakan, sehingga harga eceran barang tersebut di suatu pasar/daerah tetap berada pada harga yang diinginkan atau berkisar pada tingkat Harga Pedoman Setempat (HPS). Dalam arti yang lebih luas, operasi pasar dimaksudkan untuk memelihara tingkat harga pasar, agar harga yang terjadi berkisar antara harga pagu (ceeling price) dan harga dasar (floor price). 

Selain Operasi Pasar, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Jenis Industri

Bagian suatu cabang industri yang mempunyai ciri khusus yang sama dan/atau hasilnya bersifat akhir dalam proses produksi. 

JPS

Singkatan Jaringan Pengaman Sosial. Yaitu serangkaian program pemerintah seperti bantuan sosial, tunjangan kesejahteraan, pembukaan klinik kesehatan gratis, dan asuransi pengangguran, yang dimaksudkan untuk memungkinkan penduduk yang masih miskin untuk menikmati taraf hidup (level of living) minimal yang cukup layak dan manusiawi.

Jumlah Dana yang Ditanamkan

Jumlah simpanan pokok dan simpanan wajib yang diserahkan kepada koperasi.

Jumlah Utang yang Harus Dibayar

Jumlah pinjaman (loans) pemerintah atau utang pihak lain yang mendapat jaminan pemerintah, yang telah digunakan dan harus dibayar kembali.

Komisaris

Pengawasan secara umum dan/atau khusus, serta memberikan nasihat kepada direksi dalam menjalankan perseroan.

Komisi

Panitia; sekelompok orang yang ditunjuk dan diberi tugas oleh pemerintah untuk melaksanakan tugas tertentu; mendapat upah (persentase) dari barang yang dujualnya; pergi ke suatu tempat untuk mengadakan pemeriksaan sesuatu hal.

Komisi juga bisa berarti kompensasi yang didasarkan atas jumlah atau nilai penjualan yang diterima pedagang dalam suatu transaksi jual beli. Biasanya kompensasi dihitung sebagai suatu persentase dari volume penjualan atau keuntungan, tetapi dapat juga ditetapkan berdasarkan atas sejumlah uang per satuan penjualan. Pada hakikatnya hanya perorangan atau agen yang menerima suatu komisi, sedangkan persentase penjualan serupa yang diberikan kepada distributor atau pedagang besar disebut margin atau diskon.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha

Komisi yang dibentuk untuk mengawasi pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya agar tidak melakukan praktik monopoli dan/atau persaingan tidak sehat.

Komoditi Unggulan


Komoditas yang memiliki berbagai kelebihan dibanding komoditas lain dalam persaingan pasar.

Kompetensi

Kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap kerja, dan kemampuan berkomunikasi.

Kompilasi Produk Administrasi

Cara pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data, yang didasarkan pada catatan administrasi yang ada pada pemerintah dan/atau masyarakat.

Komutasi

Perubahan suatu metode pembayaran ke metode yang lain (commutation).

Konglomerat

Perusahaan yang menanamkan modal dalam berbagai bidang industri untuk menghindari risiko.

Konsolidasi

Penggabungan dua bank atau lebih, dengan cara mendirikan bank baru dan membubarkan bank-bank tersebut dengan atau tanpa likuidasi.