Apa yang Disebut OPEC?

 Apa yang Disebut OPEC?

BIBLIOTIKA - OPEC adalah singkatan Organization of Petroleum Exporting Countries atau Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak. Yaitu sebuah organisasi yang beranggotakan 13 negara pengekspor minyak utama dari dunia ketiga, yang bertindak sebagai kartel atau kekuatan oligopoli. Tujuan utama pembentukannya adalah untuk meningkatkan kepentingan nasional mereka secara bersama. Negara-negara anggotanya terdiri dari Arab Saudi, Nigeria, Aljazair, Venezuela, Libya, Kuwait, Uni Emirat Arab, Irak, Iran, Ekuador, Gabon, Qatar, dan Indonesia.

Selain OPEC, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Out Wall

Inkubasi dengan cara pengusaha kecil atau calon pengusaha baru yang sedang dibina tidak ditempatkan di dalam satu gedung atau kawasan yang dikelola Tim Manajemen Inkubator Bisnis, tetapi berada di tempat usahanya masing-masing, dan tetap aktif mengikuti tahap-tahap pembinaan secara terprogram dan berkelanjutan.

Output

Nilai produksi yang benar-benar dihasilkan dari suatu kegiatan usaha industri dan yang dihasilkan kegiatan lain, tetapi masih berkaitan dengan usaha, misalnya keuntungan jual beli dan penerimaan lain yang berkaitan dengan perusahaan/usaha.

Outsourcing

Pembelian barang atau jasa yang berada di luar daerah keuntungan kompetitif perusahaan.

Pedagang Informal

Termasuk pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang kelontong, bakul gendong, kedai, warung, depot, los pasar, jasa reparasi, jasa pertukangan, dan jasa-jasa pedagang informal lainnya. 

Rahn


Akad penyerahan barang nasabah kepada bank sebagai jaminan atau gadai. Jika emas dijadikan sebagai barang rahn, maka fisik emas bisa diserahkan ke bank, sedangkan untuk kendaraan atau rumah cukup dengan menyerahkan sertifikat atau surat kepemilikan.

Rapat Anggota

Salah satu perangkat organisasi yang merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi.

Rasio Dividen

Perbandingan antara dividen yang dibayarkan terhadap pendapatan pada waktu tertentu (pay-out ratio). 

Rasio Utang Modal


Perbandingan antara utang dengan seluruh modal perusahaan, untuk menilai tingkat pendapatan modal sendiri sehubungan dengan usaha peningkatan pendapatan operasional; perbandingan antara kewajiban lembaga keuangan bukan bank, baik efektif maupun administratif, dengan modal sendiri setelah ditambah pinjaman subordinasi (gearing ratio). 

RAT

Singkatan Rapat Anggota Tahunan. Yaitu rapat anggota koperasi yang pelaksanaannya dilakukan setahun sekali, sesuai AD/ART koperasi.

RDK


Singkatan Rencana Definitif Kelompok. Yaitu rencana kerja usaha tani dari kelompok tani untuk suatu periode tertentu, yang disusun melalui musyawarah dan berisi rincian kegiatan dan kesepakatan bersama, dalam pengelolaan usaha tani sehamparan kelompok tani.

RDKK

Singkatan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok. Yaitu rencana kebutuhan kelompok tani untuk suatu periode tertentu, yang disusun berdasarkan musyawarah anggota kelompok tani, meliputi benih, pupuk, pestisida, dan modal kerja.

Re-Ekspor

Kegiatan mengekspor barang yang berasal dari impor, atau tidak asli berasal dari negara pengekspor. Re-ekspor dilakukan oleh negara-negara yang memang melakukan kegiatan perdagangan perantara seperti Singapura. Namun, re-ekspor sering juga dilakukan oleh negara yang sebenarnya sebagai pembeli akhir barang impor.

Bila diberlakukan larangan impor barang-barang tersebut, maka barang-barang dimaksud terpaksa diekspor kembali. Hal ini yang juga dapat menimbulkan re-ekspor ke negara pembeli atau dire-ekspor ke negara asal barang tadi.

Reengineering

Penyusunan kembali fundamental perusahaan untuk memperbaiki proses operasional.

Registrasi Importir

Kegiatan pendaftaran dan penelitian yang dilakukan oleh Ditjen BC terhadap importir dalam rangka pemenuhan persyaratan di bidang kepabeanan, berkaitan dengan kegiatan impor.

Rekening Bagi Hasil MAP

Rekening yang dibuka atas nama LMVD (Lembaga Modal Ventura Daerah) untuk menampung pembayaran pokok dan bagi hasil dari KUKM-PPU, termasuk pembayaran pokok dan bagi hasil yang berasal dari dana pendanaan LMVD.