Apa yang Disebut Oligopoli?

 Apa yang Disebut Oligopoli?

BIBLIOTIKA - Oligopoli adalah keadaan pasar ketika hanya ada sedikit penjual dan banyak pembeli; sementara barang yang diperjualbelikan secara umum serupa, tetapi secara rinci cukup bervariasi. OPEC merupakan salah satu contoh yang baik dan menonjol sebagai bentuk ologopoli internasional.

Selain Oligopoli, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Indikator Hasil

Segala sesuatu yang mencerminkan berfungsinya keluaran kegiatan pada jangka menengah (efek langsung). Misalnya masyarakat yang merasakan manfaat dana bergulir.

Indikator Keluaran


Sesuatu yang diharapkan langsung dicapai dari suatu kegiatan yang dapat berupa fisik dan/atau non-fisik. Misalnya jumlah anggota koperasi yang mendapat dana bergulir.

Indikator Kinerja


Ukuran kuantitatif dan/atau kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian suatu sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan.

Indikator Manfaat

Sesuatu yang terkait dengan tujuan akhir dari pelaksanaan kegiatan. Misalnya masyarakat yang sadar peran dan manfaat koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka.

Indikator Masukan

Segala sesuatu yang dibutuhkan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan untuk menghasilkan keluaran (output). Misalnya dana, orang, informasi, dan lain-lain.

Indikator Proses


Segala besaran yang menunjukkan upaya yang dilakukan dalam mengolah masukan menjadi keluaran. Misalnya keterlibatan stakeholders, atau rata-rata waktu yang diperlukan untuk menerbitkan akta badan hukum koperasi.

Industri Kecil

Sektor industri di mana perusahaan atau badan-badan usaha yang beroperasi di dalamnya berukuran kecil, tenaga kerja dan faktor produksi lain yang digunakannya serba terbatas, sehingga kapasitas produksinya pun terbatas. Biasanya, mereka tidak mampu mencapai skala ekonomis (economies of scale) yang optimal.

Meskipun demikian, dengan segala keterbatasannya, unit-unit usaha dalam sektor industri kecil mampu mendayagunakan sumber-sumber daya fisik, manusia, dan modal finansialnya secara lebih efisien, daripada kebanyakan perusahaan yang berukuran besar.

Infant Industry

Suatu istilah yang diberikan pada sektor-sektor industri domestik yang baru dibangun. Biasanya sektor industri baru ini didirikan dengan bantuan proteksi dari pemerintah, misalnya berupa pengenaan tarif, sebagai bagian dari kebijaksanaan substitusi impor, agar industri tersebut terhindar dari tekanan produk impor.

Kalau sektor industri tersebut sudah berkembang, diharapkan kebijakan tarif itu akan dihilangkan. Namun, dalam kenyataan, sering kali tidak demikian. Para pelaku industri yang memperoleh proteksi tarif itu justru terlena, sehingga mereka lebih sibuk mengupayakan kesinambungan proteksi daripada usaha-usaha mengasah daya saing.

Informasi

Data yang diolah sehingga memiliki arti bagi pengguna.

Informasi Pariwisata

Keterangan dalam bentuk apa pun mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepariwisataan.

Informasi Pasar

Keterangan atau petunjuk mengenai arah perkembangan dan keadaan kegiatan jual beli yang diperlukan untuk menetapkan kebijaksanaan atau strategi yang akan dilakukan untuk mempertahankan atau memperluas pasar.

Inkubasi

Proses pembinaan bagi usaha kecil dan/atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh inkubator bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha, dan dukungan manajemen serta teknologi.

Inkubator

Lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi, bagi usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha dan/atau pengembangan produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Inkubator Bisnis

Fasilitas yang memberikan pembagian ruang, jasa, dan bantuan manajemen, pada bisnis baru (business incubator).

INKUD

Singkatan Induk Koperasi Unit Desa. Yaitu koperasi yang beranggotakan Puskud-Puskud. Wilayah kerja Inkud adalah nasional.

Inovasi

Aplikasi atau penggunaan hasil-hasil penemuan (inventions) yang berupa proses dan/atau metode produksi yang lebih baik. Istilah ini juga berkenaan dengan pengenalan barang baru. Inovasi juga meliputi penyempurnaan metode-metode organisasional serta manajemen sosial dan kelembagaan yang lebih sesuai dengan cara-cara pelaksanaan kegiatan ekonomi modern.