Apa yang Disebut Konsinyasi?

 Apa yang Disebut Konsinyasi?

BIBLIOTIKA - Konsinyasi adalah cara/kondisi penjualan barang di pasar dalam negeri dan ekspor, yang dilakukan dengan cara mengirimkan dan menempatkan barang kepada consignee (penerima) atau agen (di dalam/luar negeri) yang akan menjualkan barangnya dengan pembayaran dilakukan setelah barang laku terjual. 

Selain Konsinyasi, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Input Antara

Biaya dalam proses produksi yang berupa bahan baku, bahan bakar, barang lainnya diluar bahan baku/bahan penolong, jasa industri yang dikerjakan pihak lain, sewa gedung, dan biaya lainnya.

Input

Berbagai macam barang dan jasa yang menjadi bahan baku atau komponen yang digunakan dalam proses produksi, misalnya bahan mentah dan jam kerja.

Insentif Ekspor

Berbagai macam kemudahan, fasilitas, dan bantuan, yang diberikan melalui pemberian untuk memacu ekspor. Salah satu bentuk insentif ekspor di antaranya adalah subsidi pemerintah, potongan pajak, dan berbagai macam fasilitas finansial dan non-finansial lainnya, yang semuanya sengaja dirancang untuk meningkatkan aktivitas perekonomian dalam sektor industri pengembangan ekspor.

Intensifikasi Padi, Palawija, dan Hortikultura

Usaha budidaya komoditas padi, palawija, dan hortikultura, untuk meningkatkan produktivitasnya.

Inventaris


Barang dagang yang disimpan untuk dijual dalam operasi normal perusahaan, atau bahan yang terdapat dalam proses produksi, atau yang disimpan untuk tujuan itu.

Investasi

Bagian dari total pendapatan nasional (national income) atau pengeluaran nasional (national expenditure) yang khusus diperuntukkan memproduksi barang-barang kapital atau modal pada suatu periode tertentu.

Sedangkan istilah investasi bruto mengacu pada pengeluaran total untuk barang-barang modal yang baru, sementara investasi netto berarti tambahan barang modal yang dihasilkan setelah dikurangi yang rusak atau aus karena dipakai, dan membutuhkan pengganti.

Investasi Portofolio

Investasi ke dalam instrumen-instrumen keuangan (saham obligasi, sertifikat deposito, serta surat-surat perjanjian) yang dilakukan oleh individu, perusahaan, yayasan dana pensiun, dan sebagainya, yang kini juga mulai berkembang secara luas di negara-negara berkembang. 

Jasa

1) Layanan yang berbentuk pekerjaan atau prestasi yang diperdagangkan dalam masyarakat, untuk dimanfaatkan oleh konsumen atau pelaku usaha.

2) Produk kegiatan ekonomi dalam pemberian “bantuan profesional” atau “sarana yang mempunyai nilai ekonomis” langsung. Dalam kaitannya dengan kegiatan perdagangan, jasa dapat dibedakan antara jasa perdagangan—seperti angkutan, kegiatan bank, asuransi, telekomunikasi, periklanan, konsultasi—dan jasa yang diperdagangkan.

Jasa Konsultasi

Layanan jasa keahlian profesional dalam berbagai bidang, dalam rangka mencapai sasaran tertentu yang keluarannya berbentuk piranti lunak, dan disusun secara sistematis berdasarkan kerangka acuan kerja yang ditetapkan pengguna jasa. 

Jasa Lainnya

Segala pekerjaan dan/atau penyediaan jasa selain jasa konsultasi, jasa pemborongan dan pemasokan barang. 

Jasa Pangan

Suatu usaha yang menyediakan jasa pelayanan makan dan minum, yang dikelola secara profesional.

Jasa Pemborongan

Layanan penanganan pekerjaan bangunan atau konstruksi atau wujud fisik lainnya, yang perencanaan teknis dan spesifikasinya ditetapkan pengguna barang/jasa dan proses serta pelaksanaannya diawasi oleh pengguna barang/jasa.

Jasa Penilai

Jasa perdagangan untuk membantu melakukan penilaian (estimasi) dan memberi pendapat atas nilai suatu aktiva, berdasarkan penelitian dan pemeriksaan dalam rangka mengajukan kredit sewa beli. 

Jasa Pertukangan

Usaha jasa yang dilakukan perorangan untuk memperbaiki barang-barang seperti jam, sepatu, tas, televisi, radio, komputer, dan lain-lain, yang sifatnya melayani konsumen di daerah sekitar usaha tersebut berlangsung, dengan menggunakan tempat yang sederhana (reparasi). 

Jasa Telekomunikasi

Layanan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan bertelekomunikasi, dengan menggunakan jaringan telekomunikasi.

Jasa-jasa Pedagang Informal


Usaha jasa yang dijalankan perorangan, misalnya pelayanan pembantu rumah tangga (pramuwisma), pramuniaga, pramusaji, tukang kebun, sopir, tukang batu, tukang kayu, tukang urut, dan lain-lain, yang dilaksanakan dalam skala kecil.

Jasa/Bunga

Tingkat bunga yang harus dibayar oleh UKM kepada KSP/USP Koperasi, LKM, Inkubator, dan Lembaga Modal Ventura, yang besarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di KSP/USP Koperasi, LKM, Inkubator, Lembaga Modal Ventura, yang bersangkutan.