Apa yang Disebut Joint Ventura?

Apa yang Disebut Joint Ventura?

BIBLIOTIKA - Joint Ventura disebut pula usaha patungan. Yaitu: 1) Persetujuan di antara dua pihak atau lebih untuk melakukan kerja sama dalam suatu proyek, sering kali dilakukan apabila perusahaan-perusahaan dengan teknologi yang saling melengkapi ingin menciptakan barang atau jasa yang akan saling memperkuat posisi masing-masing perusahaan. Suatu joint ventura biasanya dibatasi pada suatu proyek;

2) Suatu persetujuan dua peserta atau lebih untuk mempersatukan sumber-sumber atau jasa-jasa atau keduanya, dalam satu perusahaan sebagai usaha patungan. Dengan demikian, joint ventura merupakan usaha patungan yang menggabungkan potensi usaha bersama antara dua perusahaan atau lebih, yang menggabungkan potensi usaha masing-masing dalam perbandingan yang telah ditetapkan menurut satu perjanjian atau kesepakatan tertentu.

Selain Joint Ventura, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Ijarah (Sewa)

Akad antara penyewa dan pemilik barang. Barang disewa selama waktu tertentu, dan dibayar sesuai dengan kesepakatan bersama.

Ijon

Suatu sistem pinjaman dengan suku bunga yang berlaku. Sistem ijon umumnya terjadi di kalangan petani berskala kecil (di bawah 0,25 hektar), yang tidak memiliki alternatif kredit yang lebih baik, dan dihadapkan masalah utama jarak waktu yang panjang antara pengeluaran biaya produksi dan penerimaan pendapatan.

Iklim Usaha

Kondisi yang diupayakan pemerintah berupa penetapan berbagai peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan di berbagai aspek kehidupan ekonomi, agar usaha kecil memperoleh kepastian, kesempatan yang sama, dan dukungan berusaha yang seluas-luasnya, sehingga berkembang menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.

Ilmu Ekonomi Positif

Aliran ilmu ekonomi yang berlandaskan pada keyakinan bahwa ilmu ekonomi harus memusatkan perhatian pada hal-hal yang sesungguhnya, atau segala sesuatu yang ada. Perumusan jawaban atas setiap permasalahan harus didasarkan pada kenyataan atau observasi empiris.

ILO

Singkatan International Labor Organization, atau Organisasi Buruh Internasional. Merupakan salah satu organisasi fungsional yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, berpusat di Jenewa, Swiss.

Tugas utamanya adalah meneliti berbagai masalah ketenagakerjaan dunia, misalnya mengenai tingkat penawarannya, pelatihannya, penggunaannya, distribusi domestik dan internasionalnya, dan sebagainya. Tujuan upaya-upaya tersebut adalah untuk meningkatkan output dunia melalui pendayagunaan sumber daya manusia (human resources) secara maksimum, yang sekaligus diharapkan akan bisa meningkatkan taraf hidup (levels of living) semua orang.

Impor

Kegiatan memasukkan atau mendatangkan barang atau jasa dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan konsumen, atau untuk keperluan produksi di dalam negeri. Pada dasarnya, semua barang impor harus masuk melalui daerah pabean. Pada umumnya, impor barang dilakukan dengan menggunakan L/C di samping berbagai cara pembayaran seperti open house yang tidak menggunakan L/C.

Di Indonesia, barang impor wajib diperiksa oleh surveyor di tempat pemuatan barang di luar negeri, sebelum barang tersebut dikapalkan. Pemeriksaan demikian dimaksudkan untuk memproleh Laporan Kebenaran Pemeriksaan (LKP).

Impor Barang

Kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean.

Impor Jasa

Kegiatan penyediaan jasa asing untuk digunakan di dalam negeri. 

Importir

Perusahaan yang melakukan kegiatan perdagangan impor barang.

Importir Pupuk Terdaftar

Biasa disingkat IPT. Yaitu importir yang diberi pengakuan sebagai Importir Pupuk Terdaftar oleh Menteri.

Impresariat


Kegiatan pengurusan penyelenggaraan hiburan, baik yang berupa mendatangkan, mengirimkan, maupun mengembalikannya, serta menentukan tempat, waktu, dan jenis hiburan.

In Wall

Inkubasi dengan cara pengusaha kecil yang sedang dibina dikonsentrasikan dalam suatu gedung atau kawasan tertentu, dan manajemen inkubator menyediakan berbagai pelayanan penyewaan tempat dan konsultasi manajemen. 

Indikator Dampak


Pengaruh yang ditimbulkan, baik positif maupun negatif, pada setiap tingkatan indikator berdasarkan asumsi yang telah ditetapkan. Misalnya kualitas kesejahteraan ekonomi masyarakat yang menjadi anggota koperasi.