Apa yang Disebut Inflasi?

 Apa yang Disebut Inflasi?

BIBLIOTIKA - Inflasi adalah peningkatan harga-harga (barang maupun jasa) secara umum selama periode tertentu (biasanya satu tahun). Dalam kalimat lain, inflasi adalah penurunan daya beli uang. Besaran inflasi ditunjukkan oleh, misalnya, indeks harga barang konsumen dan indeks pedagang besar.

Selain Inflasi, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Kredit Berputar

Kredit yang setelah satu transaksi selesai, dapat digunakan untuk transaksi berikutnya dalam batas maksimum dan untuk jangka waktu tertentu (revolving credit). 

Kredit Investasi

Kredit jangka panjang, biasanya 3 sampai 10 tahun, diberikan untuk membiayai pengadaan barang modal. Peruntukannya seperti rehabilitasi barang modal lama, penambahan barang modal yang telah ada agar daya gunanya bertambah, atau membeli barang modal baru. Di dalam kredit investasi ada grace period, kecuali untuk proyek rehabilitasi dan perluasan.

Kredit Kepada Daerah Tertentu

Kredit atau pembiayaan atau penyediaan dana dari bank untuk investasi dan atau modal kerja kepada daerah tertentu, yang diberikan dalam rupiah dan valuta asing kepada nasabah usaha kecil dengan plafon keseluruhan maksimum sebesar Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah), untuk membiayai usaha produktif.

Kredit Lunak

Pinjaman bersyarat ringan, baik mengenai jangka waktu, bunga, maupun jaminannya (soft loan). 

Kredit Macet

Kredit yang tidak dapat dilunasi oleh pihak peminjam dengan berbagai alasan.

Kredit Partisipasi

Bagian pinjaman yang diberikan oleh bank dalam suatu perjanjian pembiayaan bersama (participation loan). 

Kredit Rekening Koran

Kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya dengan plafon tertentu. Perusahaan tidak mengambilnya sekaligus, melainkan sesuai dengan kebutuhan. Bunga yang dibayar hanya untuk jumlah yang sudah dipakai, sedangkan kredit yang belum ditarik tidak dikenai bunga. Syarat-syarat umum untuk membuka rekening koran adalah mempunyai penghasilan minimum, NPWP, ada referensi nasabah lama, dan fotokopi KTP. 

Kredit Tak Berulang

Kredit yang setelah satu transaksi selesai tidak dapat digunakan untuk transaksi berikutnya (non revolving credit). 

Kredit Talangan

Pinjaman jangka pendek untuk mengatasi kekurangan dana yang bersifat sementara, sambil menunggu dana lain yang akan diperoleh (bridging loan). 

Kredit Usaha Kecil

Biasa disingkat KUK. Yaitu kredit atau pembiayaan dari bank untuk investasi dan/atau modal kerja, yang diberikan dalam rupiah dan valuta asing, kepada nasabah usaha kecil, dengan plafon keseluruhan maksimum sebesar Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) untuk membiayai usaha produktif, sebagaimana diatur dalam ketentuan Bank Indonesia yang berlaku.

Kredit Usaha Kecil dan Menengah adalah kredit yang digunakan untuk kegiatan produktif atau Kredit Pemilikan Rumah Sederhana dan Rumah Sangat Sederhana (KPRRS/RSS) yang diperoleh sebelum tanggal 31 Desember 2000.

Kredit Usaha Mikro dan Kecil

Biasa disingkat KUMK. Yaitu kredit modal kerja dan investasi yang diberikan oleh Lembaga Keuangan Pelaksana kepada usaha mikro dan kecil, guna pembiayaan usaha produktif.

Kredit Usaha Tani

Kredit modal kerja yang diberikan melalui bank pemberi kredit kepada koperasi primer atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sebagai pelaksana pemberian kredit untuk keperluan petani yang tergabung dalam kelompok tani, guna membiayai usaha taninya dalam rangka intensifikasi padi, palawija dan hortikultura, yang selanjutnya disebut KUT.

Tujuan KUT adalah; a) membantu petani yang belum mampu membiayai sendiri usaha taninya, agar dapat mengembangkan produksi dan pendapatannya; b) membantu koperasi agar dapat mengembangkan usahanya sehingga dapat berperan sebagai salah satu kekuatan ekonomi.

Kreditur

Pihak yang memberikan kredit atau pinjaman (creditor).

Nilai Tambah

Suatu pertambahan nilai atas suatu produk yang dihasilkan. Nilai tamah atau added value biasanya digunakan dalam upaya menarik minat konsumen agar menggunakan suatu produk.