Apa yang Disebut Industrialisasi?

 Apa yang Disebut Industrialisasi?

BIBLIOTIKA - Industrialisasi adalah suatu proses membangun kapasitas suatu negara untuk mengolah bahan mentah menjadi barang olahan atau manufaktur, baik untuk keperluan konsumsi (disebut barang konsumsi) atau untuk proses produksi berikutnya (disebut barang antara atau barang setengah jadi).

Selain Industrialisasi, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Fidusia

Orang atau badan yang mendapat kepercayaan menguasai barang untuk mengelolanya, misalnya administratur, direktur, dan lain-lain (fiduciary). 

Financial Leverage

Penggunaan utang dalam aktiva sebuah perusahaan.

Firma

Suatu persekutuan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan usaha atas nama bersama. Tanggung jawab masing-masing anggota firma tidak terbatas hanya pada modal yang ditanam, tetapi juga kekayaan anggota firma. Begitu pula jika firma menderita kerugian, semua anggota ikut menanggung dengan rasio tertentu menurut perjanjian di antara para anggotanya. Sebaliknya, laba usaha yang diperoleh dibagi berdasarkan modal yang ditanam masing-masing anggota dalam perusahaan itu.

Tahun Fiskal

Jangka waktu dua belas bulan yang dipergunakan oleh dunia usaha atau pemerintah untuk tujuan pembukuan.

Fit and Proper Test

Uji/Penilaian Kemampuan dan Kepatutan. Yaitu hasil proses evaluasi secara berkala atau setiap waktu apabila dianggap perlu oleh Bank Indonesia terhadap integritas pemegang saham pengendali, serta integritas dan kompetensi pengurus dan pejabat eksekutif dalam mengelola kegiatan operasional bank.

FOB

Singkatan Free on Board. Yaitu kondisi penyerahan barang di antara penjual (eksportir) dan pembeli (importir) dengan penetapan harga yang dihitung berdasarkan nilai barang, ditambah semua biaya sampai barang di atas kapal (on board).

Biaya yang menjadi tanggungan pihak penjual terdiri dari bea/pajak ekspor, biaya pengangkutan komoditas dari gudang penjual ke dermaga (pelabuhan), biaya muat dari dermaga ke atas kapal, serta biaya memadatkan/menyusun komoditas. Sedangkan biaya-biaya lain seperti uang tambang, biaya asuransi, biaya bongkar di pelabuhan pembongkaran (pelabuhan yang dituju pembeli), dan biaya angkut/transportasi hingga komoditas tersebut sampai di dalam gudang pembeli, menjadi tanggungan pembeli.

Force Majeure

Peristiwa dan/atau keadaan yang terjadi di luar kehendak dan kemampuan yang mengakibatkan usaha mengalami kerugian.

Foreign Exchange

Devisa/alat pembayaran luar negeri. Tagihan terhadap suatu negara dari negara-negara lain, yaitu dalam bentuk mata uang negara bersangkutan. Sistem pembayaran luar negeri memungkinkan suatu mata uang untuk ditukar dengan mata uang lainnya, sehingga melancarkan perdagangan antar negara yang masing-masing memiliki mata uang sendiri.

Devisa

Alat pembayaran luar negeri, atau yang dapat diuangkan dengan uang luar negeri.

Forum

Badan (lembaga; wadah; sidang;) tempat pertemuan untuk membahas sesuatu.

Franchise

Perikatan di mana salah satu pihak diberi hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain, dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain tersebut, dalam rangka penyediaan dan/atau penjualan barang dan/atau jasa.

Franchisee

Badan usaha atau perorangan yang diberi hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunanakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pemberi waralaba.

Franchisor

Badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pemberi waralaba.

Garar

Suatu akad yang mengandung unsur penipuan karena tidak adanya kepastian, baik mengenai ada atau tidaknya objek akad, besar-kecilnya jumlah, maupun kemampuan menyerahkan objek yang disebutkan dalam akad tersebut.